Kadin Usulkan Kawasan Industri Khusus IKM

Jum'at, 20 Februari 2015 - 10:02 WIB
Kadin Usulkan Kawasan Industri Khusus IKM
Kadin Usulkan Kawasan Industri Khusus IKM
A A A
JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengusulkan kepada Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk mengembangkan kawasan industri khusus industri kecil menengah (IKM) bidang agro.

Kawasan industri ini diharapkan bisa menjaga ketahanan pangan dan membuka pasar bagi pelaku IKM. Ketua Komite Tetap Akses Pasar Kadin Bidang UKM Rifda Ammarina mengatakan, upaya UKM untuk mempunyai akses pasar tidak mudah. “Khusus untuk UKM, permasalahannya banyak. Pertama, biaya logistik di Indonesia mahal,” ujarnya di Jakarta, Rabu (18/2).

Dia menambahkan, IKM khusus agro rencananya dibangun berdekatan dengan daerah yang memiliki lahan pertanian. Tujuannya untuk menjaga keberlangsungan produksi pangan dan stabilitas harga. “Dulu Kemenperin memang punya program yang menyediakan lahan bagi industri kecil. Kita lagi mengupayakan program itu dihidupkan lagi, tetapi kali ini kerja sama dengan Kadin Indonesia bidang UKM. Jadi, lebih terarah,” katanya.

Nanti pengelolaannya bukan dari pemerintah. “Pemerintah hanya menyediakan lahan, kita yang membangun. Kita yang mengelola para IKM itu, khususnya agro,” lanjutnya. Menurutnya, Jawa Barat merupakan tempat yang cocok untuk mengembangkan kawasan industri bidang agro.

Sebab, lahannya sangat cocok untuk tanaman pangan. “Selain itu konsumennya terbesar terpusat di Pulau Jawa, dan interkoneksi logistiknya sudah lebih baik daripada daerah di luar Jawa,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, dengan pertumbuhan ekonomi daerah yang lebih cepat membutuhkan akses yang lebih besar kepada pangan sehingga program ini inginnya di seluruh Indonesia.

Oktiani endarwati
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5527 seconds (0.1#10.140)