Susi Ungkap Ada Kapal Besar Lakukan Transhipment

Selasa, 24 Februari 2015 - 18:54 WIB
Susi Ungkap Ada Kapal Besar Lakukan Transhipment
Susi Ungkap Ada Kapal Besar Lakukan Transhipment
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sore ini secara mendadak mengumpulkan kembali para awak media ke ruangan kerjanya di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Pertemuan ini dilakukannya usai diskusi kinerja KKP siang tadi.

Dalam pertemuannya dengan beberapa awak media, Susi mengungkapkan ada kapal besar yang diduga melakukan transhipment atau bongkar muat di perairan Indonesia.

"Itu kapal yang tertangkap dalam monitor VMS KKP diketahui bernama Fu Yuan Yu yang merupakan kapal angkut atau sejenis dengan kapal Hai Va yang terlebih dahulu ditangkap beberapa waktu lalu," ujarnya di ruang kerjanya, Jakarta, Selasa (24/2/2015).

Indikasi yang kuat bahwa kapal tersebut melakukan transhipment, ujar Susi adalah VMS dari kapal tersebut kedapatan memberikan sinyal mati, nyala, mati, nyala. Serta banyaknya kapal-kapal kecil lain yang berada disekelilingnya.

"Kelihatannya mereka mau keluar dari perairan utara pulau Jawa (Cirebon). Mereka mau angkut," kata Susi.

Pada kesempatan yang sama, salah satu pegawai KKP yang juga mendampingi Susi menjelaskan, Kapal Fu Yuan Yu status terakhir mengaktifkan VMS pada pukul 13.14 WIB.

"Kapal Fu Yuan Yu melakukan transhipment, karena banyak kapal yang mengelilingi, terdeteksi VMS laut Cirebon, sempat mati, nyala dan mati lagi," ujar Pegawai KKP tersebut.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5213 seconds (0.1#10.140)