HP Akuisisi Aruba Senilai USD3 Miliar

Rabu, 04 Maret 2015 - 11:03 WIB
HP Akuisisi Aruba Senilai USD3 Miliar
HP Akuisisi Aruba Senilai USD3 Miliar
A A A
CALIFORNIA - Hewlett-Packard (HP) sepakat mengakuisisi produsen sistem jaringan wifi, Aruba, senilai USD3 miliar. HP berharap akuisisi Aruba yang berbasis di California akan membantu HP berkompetisi di pasar jaringan kampus dan universitas yang diperkirakan bernilai USD18 miliar.

Chief Executive Officer (CEO) Aruba Dominic Orr dan Chief Strategy and Technology Officer Aruba Keerti Melkote akan memimpin unit baru tersebut. HP akan menunggu persetujuan para pemegang saham untuk kesepakatan itu. Aruba membukukan penjualan USD729 juta pada tahun 2014 dan melaporkan pertumbuhan pendapatan tahunan rata-rata 30% per tahun selama lima tahun terakhir.

Bisnisnya menargetkan orang yang tergantung pada perangkat mobile untuk bekerja dan berkomunikasi. “Perusahaan menghadapi dunia mobil pertama dan mencari solusi untuk membantu mereka dalam gaya baru teknologi informasi,” papar CEO HP Meg Whitman, dikutip BBC . HP memperkirakan, kesepakatan itu selesai pada semester II/2015.

Tahun lalu HP mengumumkan rencana memecah bisnisnya menjadi dua perusahaan terpisah yakni bagian bisnis printer dan komputer yang terpisah dengan operasional jasa dan hardware . “Masih ada banyak hal yang harus dikerjakan, tapi upaya kami hingga saat ini digabungkan dengan pemisahan perusahaan yang kami umumkan Oktober lalu, memberi ruang untuk peningkatan pada tahun fiskal 2015 dan selanjutnya,” ungkap CEO HP Meg Whitman, dikutip BBC.

Pendapatan pada segmen terbesar HP, divisi komputer pribadi (personal computer /PC), tumbuh 4% pada kuartal tersebut, setelah naik 12% pada kuartal sebelumnya. HP menghadapi persaingan berat dari Lenovo asal China yang mengambil alih posisinya sebagai produsen PC terbesar di dunia pada 2012. Sebelumnya Wall Street Journal (WSJ ) melaporkan, pemisahan tersebut akan menjadikan HP sebagai perusahaan teknologi terbaru yang membagi dua entitas bisnisnya.

HP tampaknya mengikuti tren perusahaan teknologi dan perusahaan lain yang membagi bisnisnya menjadi beberapa perusahaan terpisah. “Pemisahan ini dilakukan atas dasar keyakinan perusahaan-perusahaan itu mampu memiliki kinerja lebih baik,” papar laporan WSJ. Oktober lalu raksasa ritel online Amerika Serikat (AS), eBay, juga mengumumkan rencana memisahkan PayPal.

Langkah itu akan membuat unit itu berkompetisi lebih baik dalam segmen pembayaran online yang bergerak cepat. “Sesuai rencana pemisahan, CEO HP Meg Whitman akan menjadi chairman bisnis PC dan printer serta CEO perusahaan terpisah. Dion Weisler, eksekutif di operasi PC dan printer akan menjadi CEO bisnis streamline,” ungkap laporan WSJ. Whitman mengakui, saat ini permintaan PC kembali menguat, tapi masih menjadi bisnis yang melemah.

HP sedang melakukan reorganisasi masif untuk pindah dari PC ke perangkat mobile. Perusahaan California itu menjelaskan pada Mei tahun lalu lalu bahwa pihaknya memangkas lagi 11.000 pegawai hingga 16.000 pegawai dari rencana pengurangan 34.000 pegawai, sesuai program restrukturisasi yang dimulai pada 2012.

Produsen PC itu juga masih terlibat perselisihan hukum dengan Autonomy, perusahaan Inggris yang dibeli senilai USD11,1 miliar pada 2011. Transaksi itu dinilai sebagai akuisisi terbesar perusahaan teknologi Inggris. Setahun kemudian HP menyatakan, Autonomy bernilai kurang dari USD8,8 miliar, menuding Autonomy menutupi nilai perusahaan itu sebenarnya.

Syarifudin
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3838 seconds (0.1#10.140)