April, Denso Operasikan Pabrik Ketiga Senilai Rp1,4 T

Sabtu, 07 Maret 2015 - 09:09 WIB
April, Denso Operasikan...
April, Denso Operasikan Pabrik Ketiga Senilai Rp1,4 T
A A A
JAKARTA - PT Denso Indonesia akan meresmikan pabrik komponen pada April 2015 mendatang. Pabrik yang berlokasi di Kawasan Industri MM2100 Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat tersebut adalah pabrik ketiga yang dioperasikan perusahaan komponen automotif asal Jepang itu.

Direktur PT Denso Indonesia A Hartoyo mengatakan, pabrik tersebut diharapkan dapat memenuhi permintaan komponen mobil di pasar domestik dan mengantisipasi terjadinya peningkatan ekspor komponen kendaraan bermotor pada masa yang akan datang. “Pabrik tersebut sudah beroperasi dengan luas lahan 20 ha. Dibangun sejak November 2012 dan sudah selesai Januari 2014.

Akan diresmikan pada 10 April mendatang. Nilai total investasinya sekitar Rp1,4 triliun,” ujarnya di Jakarta kemarin. Dia menambahkan, pabrik tersebut akan memproduksi 10 macam komponen automotif di antaranya busi, alternator, engine unit, starter, speed control, dan cluster. Menurutnya, selain untuk memenuhi kebutuhan domestik, produk-produk dari pabrik tersebut nantinya juga akan diekspor untuk memenuhi permintaan pasar luar negeri. “Ke depan tergantung pasar.

Sementara produksi 10 komponen dulu untuk memenuhi domestik,” ungkapnya. Dia melanjutkan, beberapa komponen juga telah memenuhi pasar dunia, seperti busi yang telahdieksporkehampirseluruh negara di Amerika, Eropa, dan Asia. “Busi itu rencananya produksi 7 juta unit per bulan yang diekspor tapi akan bertahap. Produk lain mengikuti perkembangan dari kapasitas produksi mobil.

Ada juga yang diekspor melalui pelanggan,” jelasnya. Menurutnya, saat ini pasar komponen automotif memang terbilang lesu namun dia optimistis tahun mendatang industri komponen akan menggeliat. “Sekarang kumpulkan tenaga yang ada untuk tahap berikutnya,” lanjutnya.

Direktur Industri Alat Transportasi Darat Ditjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Soerjono menambahkan, pabrik ketiga Denso tersebut diarahkan untuk produk-produk teknologi tinggi. “Sekarang ini yang diterima di situ adalah pegawai-pegawai yang memang kualitasnya punya keterampilan tinggi,” ungkapnya.

Oktiani endarwati
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0532 seconds (0.1#10.140)