Bappenas Minta Bantuan Siti Bebaskan Lahan di Kalimantan

Kamis, 26 Maret 2015 - 22:25 WIB
Bappenas Minta Bantuan Siti Bebaskan Lahan di Kalimantan
Bappenas Minta Bantuan Siti Bebaskan Lahan di Kalimantan
A A A
JAKARTA - Dalam pembangunan transportasi kereta api (KA) di Kalimantan, Kementerian PPN/ Bappenas telah meminta Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup membantu pembebasan lahan. Pasalnya, daerah yang akan diambil untuk proyek pembangunan infrastruktur KA sebagian melintasi hutan lindung.

Selama ini, di beberapa wilayah di Pulau Kalimantan terkenal dengan kelestarian hutan lindung yang memang dilindungi negara sejak dulu.

"Kemarin kami (Bappenas) sudah melakukan koordinasi dengan Menteri Kehutanan Ibu Siti Nurbaya. Jadi beliau berjanji akan mengatasi itu dengan mengatakan akan ikut membantu," ujar Direktur transportasi Kementerian PPN/Bappenas Bambang Prihartono di Jakarta, Kamis (26/3/2015)

Satu-satunya wilayah yang berat untuk dimintai izin pembebasan lahan terkait dengan pembangunan jalur transportasi hanya Kalimantan. Wilayah lainnya, kata Bambang, seperti Sumatera dan Sulawesi relatif lebih mudah karena dibantu aparat daerah setempat.

"Tapi kita optimis, Ibu Siti bisa membantu kita. Artinya memang sudah ada solusi di daerah sana kalau kita mau bangun buat transportasi KA," tandas Bambang.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1646 seconds (0.1#10.140)