Double Your Rewards!

Senin, 30 Maret 2015 - 09:53 WIB
Double Your Rewards!
Double Your Rewards!
A A A
Anda termasuk wanita yang cenderung memilih momen untuk mulai melakukan sesuatu? Apalagi, sesuatu itu merupakan tekad, dengannya Anda telah yakin bakal membawa perubahan berarti untuk hidup Anda.

Tidak salah dan bukan aneh. Karena, wanita memang selalu ingin menyimpan dan mengenang dalam endapan memorinya setiap keberhasilan dan kegagalan dalam fase hidupnya. Memilih momen untuk mulai melakukan sesuatu menjadi penting bagi kaum wanita sebagai memorabilia. Banyak dari kaum wanita yang sudah menyimpan catatannya pada sebuah buku rahasia di bilik lemari, pada gadget, atau bahkan di labirin hati. Entah, berapa kalimat tertulis di sana.

Apakah itu penghapusan atas dosa karena berniat membuka lembaran baru, atau semacam kumpulan harapan di tahun baru. Jika Anda termasuk salah satu dari tipe wanita ini, tidak ada salahnya mengisi tahun 2015 ini dengan tekad dan target yang baru. Perencanaan keuangan selalu dimulai dengan evaluasi. Kita butuh waktu sejenak, lebih dari sekedar menanti taksi di halte, untuk mengecek tagihan, pengeluaran, dan pendapatan kita.

Untuk memulai, bagaimana kalau kita melakukan perenungan tersendiri. Apakah tahun ini Anda mulai menerapkan perencanaan keuangan? Setiap langkah besar selalu dimulai dari langkah kecil. Dengan memulai saja, Anda berada selangkah di depan untuk merancang masa depan yang relatif lebih terjamin. Jika Anda belum melakukan perencanaan, bagaimana Anda dapat mencapai tujuan keuangan, yakni target tertentu yang ingin Anda capai?

Selanjutnya introspeksi, seberapa disiplin Anda melakukan perencanaan keuangan. Apakah Anda menyusun anggaran dengan tepat dan sesuai kebutuhan secara rutin dan berdisiplin menerapkannya? Kemudian, apakah Anda juga telah mulai melakukan investasi? Anda tentu sudah sering mendengar let your money works for you. Nah, bila pada tahun ini Anda juga telah mulai melakukan investasi, Anda telah melakukan langkah besar lainnya.

Yang penting adalah Anda memahami perbedaan antara tabungan (savings) dan investasi. Anda tetap perlu memiliki tabungan untuk memenuhi kebutuhan keuangan yang rutin, sementara investasi adalah untuk mengoptimalkan imbal hasil yang bisa Anda dapatkan dari uang Anda dalam jangka panjang. Pahamilah bahwa investasi tidak berarti Anda harus memiliki uang atau dana dalam jumlah besar (dengan kata lain Anda tidak perlu menjadi seorang biliuner untuk mulai berinvestasi).

Anda dapat berinvestasi dengan menyisihkan porsi tertentu dari pendapatan Anda setiap bulannya. Untuk mempermudah berinvestasi secara rutin, Anda dapat menggunakan fasilitas bank yang secara otomatis mendebit rekening Anda setiap bulannya untuk investasi. Lalu, bagaimana perkembangan investasi Anda tahun ini? Satu hal krusial yang perlu Anda paham, investasi adalah untuk jangka panjang.

Anda mungkin merasa khawatir dengan krisis keuangan global belakangan ini karena memberikan dampak negatif terhadap nilai maupun imbal hasil investasi, terutama bagi Anda yang berinvestasi reksa dana. Tetap tenang, dan jangan terbawa panik dengan mencairkan investasi reksa dana karena membawa Anda pada risiko kerugian.

Anggaplah ini merupakan tahap pembelajaran kita dalam berinvestasi, bahwa pasar modal bersifat fluktuatif dan hanya akan terasa manfaatnya dalam jangka panjang. Terus meng-update diri Anda dengan informasi terkini untuk mengikuti perkembangan. Jangan ragu untuk bertanya kepada orang yang ahli, seperti profesional bank Anda atau manajer investasi Anda. Pertanyaan selanjutnya, sudahkah Anda memiliki asuransi?

Asuransi kesehatan memproteksi Anda dan keluarga dari kemungkinan terburuk. Jika memang ada peluang untuk mengambil produk asuransi tertentu, kenapa tidak? Anda bukan termasuk mereka yang akhirnya harus menyesal akibat terlambat memproteksi diri sendiri. Karena apalah artinya kerja keras Anda jika pada akhirnya Anda tak mampu menyelamatkan penghasilan itu hanya karena Anda lalai memproteksi diri sendiri dan keluarga. Tentu saja, cermat dalam memilih.

Saatnya juga mengevaluasi produk proteksi yang sudah Anda miliki. Apakah perlu Anda melakukan penambahan pembelian produk mengingat usia Anda, beban kerja, dan risiko. Berapa besar dana darurat Anda saat ini? Kalau asuransi memproteksi Anda dalam jangka panjang, bagaimana dengan kondisi darurat yang sesewaktu bisa muncul. Apakah Anda telah memiliki dana darurat?

Perlukah menambah porsi dana darurat karena Anda tak bisa memprediksi kebutuhan dan peristiwa di luar Anda. Sedangkan, biaya dan segala kebutuhan itu nampak telah naik sekian persen dari tahun sebelumnya. Jika sekarang utang berkurang, tahun depan dapatkah Anda melunasinya? Tentu saja kita berutang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tetapi, tetapkan target untuk melunasi utang-utang itu tepat waktu supaya tidak terjerat.

Buatlah skala prioritas dan tekad, ada utang yang bisa dilunasi tahun ini. Ada utang yang memungkinkan untuk dikurangi secara drastis. Lakukanlah jika itu memungkinkan dan jangan sesekali menambah utang baru karena usaha Anda itu bakal sia-sia. Harus menambah penghasilan. Dari mana? Ternyata Anda harus menambah penghasilan dari pekerjaan tambahan. Penghasilan yang sekarang terasa mencukupi untuk target perencanaan keuangan Anda.

Tetapi, Anda ingin menggandakan penghasilan itu agar kategori mencukupi itu bisa naik ke level aman atau sangat aman. Anda masih melihat kemungkinan menambah penghasilan. Barangkali dari hobi yang bisa menghasilkan duit tambahan atau dari pekerjaan sampingan yang produktif. Nah, setelah Anda melakukan perenungan di atas, Anda telah belajar dan memahami kekurangan dan kelebihan kondisi keuangan Anda.

Setelah itu, Anda dapat mengisi tahun 2015 ini dengan perencanaan keuangan yang lebih baik. Pastikan bahwa perencanaan keuangan yang Anda buat itu bakal menggandakan penghasilan Anda di akhir tahun ini. Kuncinya, Anda harus komit!

Rian Kaslan
EVP, Head of Wealth Management and Business Strategy Commonwealth Bank Indonesia- Advisory Board WISE
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4650 seconds (0.1#10.140)