PLN Siap Amankan Listrik KAA

Sabtu, 18 April 2015 - 14:09 WIB
PLN Siap Amankan Listrik KAA
PLN Siap Amankan Listrik KAA
A A A
BANDUNG - PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten memastikan siap mendukung kelancaran peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 yang akan diselenggarakan di Bandung.

Berbagai langkah sudah disiapkan sejak Januari agar saat pelaksanaan tidak terjadi gangguan listrik. Total ada enam lokasi yang jadi fokus perhatian PLN selama gelaran KAA, yaitu Gedung Merdeka, Hotel Savoy Homann, Masjid Raya Bandung, Gedung Negara Pakuan, Bandara Husein Sastranegara, dan Stasiun Bandung.

"Jadi dalam rangka mendukung KAA, PLN telah menyiapkan standar operasional prosedur yang sudah kita serahkan kepada tim persiapan dan tim penyelenggara. Kita juga sudah melakukan beberapa persiapan," kata General Manager PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten Djoko R Abumanan di Bandung, Sabtu (18/4/2015).

Menurutnya, PLN sudah melakukan review SOP pasokan tenaga listrik untuk peringatan KAA di enam titik tersebut. Langkah lainnya adalah membuat perkiraan beban dan melaksanakan simulasi beban sistem tenaga kelistrikan untuk peringatan KAA, hingga pemeriksaan semua instalasi pendukung.

"Pasokan listrik untuk venue utama yaitu Gedung Merdeka dipasok dari Gardu Induk (GI) Bandung Selatan dan di-backup dari Sub Sistem Cirata," ungkap dia.

PLN juga menyiapkan dua unit genset dengan kapasitas 150 kVA di Gedung Merdeka dan 135 kVA di Masjid Raya Bandung. Bahkan untuk mendukung keandalan pasokan listrik di Gedung Merdeka, UPS dengan kapasitas 60kVA juga disiapkan.

"PLN juga akan mengerahkan petugas yang berjaga di lokasi untuk mengamankan jaringan internal tempat pelaksanaan KAA. Sedangkan untuk keseluruhan, dikerahkan sekira 100 petugas mulai dari jaringan transmisi hingga jaringan distribusi," pungkas Djoko.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6162 seconds (0.1#10.140)