Jokowi: Ekonomi Dunia Tak Harus Bergantung pada IMF

Rabu, 22 April 2015 - 11:57 WIB
Jokowi: Ekonomi Dunia Tak Harus Bergantung pada IMF
Jokowi: Ekonomi Dunia Tak Harus Bergantung pada IMF
A A A
JAKARTA - Dalam pidatonya di pembukaan pertemuan pemimpin negara Konfrensi Asia-Afrika (KAA) di Jakarta Convention Center (JCC) hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut reformasi dalam ekonomi dunia harus segera dilakukan.

"Ketidakadilan global juga tampak jelas ketika seklompok negara menolak perubahan realitas yang ada. Pandangan yang mengatakan bahwa masalah ekonomi dunia hanya bisa dipecahkan melalui bank dunia, IMF dan ADB, harus diubah," kata dia dalam pidatonya tersebut, Rabu (22/4/2015).

Jokowi menilai, saat ini dunia perekonomian internasional seharusnya sudah tidak lagi bergantung kepada ketiga lembaga tersebut.

"Saya bependirian bahwa nasib dari perekonomian dunia tidak harus tergantung pada ketiga lembaga dunia tersebut. Kita harus membuat aturan ekonomi dunia baru yang terbuka kepada kekuatan ekonomi baru," ujarnya.

Bahkan, dia mendesak reformasi dari arsitek ekonomi baru untuk dapat menghindari dominasi dari negara lain. "Saat ini dunia membutuhkan kepemimpinan dunia kolektif yang harus dijalankan dengan tanggung jawab," pungkas Jokowi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4423 seconds (0.1#10.140)