Perbankan Syariah Kejar Payroll PNS

Rabu, 06 Mei 2015 - 09:36 WIB
Perbankan Syariah Kejar Payroll PNS
Perbankan Syariah Kejar Payroll PNS
A A A
JAKARTA - Perbankan syariah berlomba memperkuat likuiditas untuk menopang pertumbuhan pembiayaan. Salah satunya menggarap payroll gaji PNS dari instansi pemerintah.

Department Head of Consumer Funding, Consumer Deposits Group BSM Tony B. Kartono mengatakan, pihaknya menargetkan dapat menggandeng empat instansi kementerian tahun ini. Kerja sama tersebut untuk menggarap pembayaran gaji pegawai. Dengan ini perseroan optimistis, meski masih cukup berat, pembiayaan dapat tumbuh di kuartal II/2015.

”Di kuartal dua kami optimistis dengan kerja sama pengelola penggajian PNS secara nasional. Ini senjata ampuh kami. Portofolio pendanaan dari kerja sama ini hingga Rp500 miliar tahun ini,” ujar Tony beberapa waktu lalu di Jakarta. Perseroan menargetkan, total simpanan atau DPK pada 2015 bisa mencapai Rp7 triliun.

Meski perbankan melambat, kerja sama ini dapat mendukung pertumbuhan secara signifikan. Pihaknya pun masih melakukan proses akuisisi rekening dari BPD. Proses akuisisi dari BPD juga tidak mudah, paling cepat dua bulan atau Juni nanti. Salah satu kerja sama yang sudah di tangan adalah MoU dengan Kementerian Agama.

Targetnya, tahun ini bisa ditambah kerja sama dengan Dinas Pajak, Kementerian Pendidikan, dan Kementerian Pekerjaan Umum. ”Cabang-cabang sedang diarahkan untuk menarik payroll instansi pemerintah karena satuan dinas di bawah kementerian juga punya wewenang sendiri memilih bank mitranya,” ujarnya.

Dia menyampaikan, strategi lain untuk meningkatkan pertumbuhan kinerja adalah mengembangkan segmen nasabah premium di atas prioritas dari kalangan nonmuslim. Potensi ini banyak dikembangkan di Manado, Denpasar, dan Medan. ”Kami menjadi bank universal. Banyak yang tertarik karena pricing dalam pembiayaan yang bersaing dan juga return yang ditawarkan juga bisa melebihi bank konvensional,” ujarnya.

Bahkan, dana gereja seperti HKBP di Pematang Siantar juga dipercayakan pada pihaknya. Para staf cabang mempunyai strategi dengan wajib menyapa nasabah dan memberikan info produk setiap hari. ”Pendekatanrasionaliniberhasilmenggaet payroll pabrik ban Bridgestone yang mayoritas pekerjanya nonmuslim di Sumatera Utara,” tambahnya.

Bank Syariah Mandiri (BSM) dan BNI Syariah telah ditunjuk menjadi penyalur gaji pegawai negeri sipil kementerian. Penunjukan ini dinilai jadi citra baik dipercayanya bank syariah untuk pendistribusian dana pemerintah. Bersama19BankPemerintah Daerah, Bank Bukopin, dan BNI Syariah, BSM telah ditunjuk menjadi bank operasional dua (BO 2) oleh Kementerian Keuangan.

Dalam pelaksanaannya, bank-bank tersebut akan menyalurkan dana atas surat perintah pencairan dana gaji bulanan untuk kementerian lembaga atau satuan kerja negara. Direktur BNI Syariah Imam T Saptono mengatakan bahwa saat ini belum ada target spesifik dari menggaet payroll PNS.

Saat ini prosesnya masih melakukan identifikasi potensi. ”Pastinya nasabah yang ada sekarang juga sudah memiliki akun di bank yang existing,” ujarnya saat dihubungi kemarin.

Hafid fuad
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5619 seconds (0.1#10.140)