Percantik Taman dengan Aksen Vertikal

Rabu, 06 Mei 2015 - 11:21 WIB
Percantik Taman dengan Aksen Vertikal
Percantik Taman dengan Aksen Vertikal
A A A
Biasanya tampilan taman selalu dibuat secara datar. Namun, penataan low angle atau pandangan dari bawah, bisa memberikan kesan tinggi pada objek-objek di sekitar yang sebenarnya tidak terlalu tinggi.

Perspektif mata manusia dapat dikategorikan sebagai pandangan sedang alias hanya bisa menjangkau objek yang terlihat tinggi, objek tinggi, atau yang secara ilusi optis memang bisa memberikan kesan tinggi dan terlihat lebih megah. Misalnya saja pada aksen pilar yang secara dramatis menjulang menahan atap atau tirai yang terjun menjulur mencium lantai.

Anda pun bisa memberi kesan tersebut di taman. Kesan jenjang yang tercipta di area outdoor bisa berupa objek yang dibuat oleh tangan manusia ataupun oleh tangan Tuhan. Objek-objek yang terlahir tinggi adalah pepohonan. Ada beberapa jenis pohon yang dapat dijadikan pilihan untuk membuat kesan jenjang di taman, seperti pohon cemara, pinus, palem, kelapa, dan bambu.

“Hadirnya pohon tinggi di taman bisa memberikan suasana yang memukau. Terlebih jika ditata dengan konfigurasi yang tepat, misalnya pohon palem atau cemara yang dibuat sebagai pengarah menuju hunian atau deretan bambu yang menghiasi dinding pembatas,” kata arsitek lanskap Herlin Wibowo. Beberapa jenis tanaman dapat dijadikan pagar hidup yang mampu mencapai ketinggian tertentu.

Terdapat pula tumbuhan lain yang kental unsur vertikalnya, tapi tidak memberikan kesan jenjang karena ukurannya yang tidak terlalu tinggi. Seperti tumbuhan typha dan bambu air. Keduanya dapat ditanam di tempat tertentu sebagai pembatas atau pengarah, secara berkelompok ataupun terpisah.

“Salah satu syarat menciptakan unsur vertikal, yaitu dengan melihat ketinggian dan posisi objeknya karena taman vertikal sangat rentan terhadap angin dan berisiko termakan cuaca. Jadi, secara struktural harus kuat terhadap terpaan angin dan secara material tahan terhadap cuaca,” ungkap Herlin.

Anda juga bisa menggunakan pergola dan teralis untuk aksen cantik dan jenjang di area outdoor. Tanaman rambat juga bisa digunakan sebagai pelengkap tampilan taman vertikal. Jika Anda ingin menggunakan tanaman rambat, sebaiknya gunakan kawat yang dipasang secara vertikal. Saat ini beberapa media untuk menanam pun sudah sangat mudah diperoleh serta tidak mahal.

Mulai dari bingkai bertingkat, bingkai bergantung, sistem modular, hingga sistem karpet dan vertical garden. Tingkat kesulitan dan harga pembuatan taman vertikal bergantung pada media taman.

“Harga vertical garden saat ini bisa dibilang masih cukup mahal. Oleh karena itu, kita bisa menggunakan media yang ringan, tapi tetap bisa memberikan kesan yang mewah. Tentu dengan harga yang relatif terjangkau,” tutur Herlin.

Aprilia s andyna
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7266 seconds (0.1#10.140)