Tiket Daring Akan Kurangi Penumpukan Kendaraan di Pelabuhan

Sabtu, 25 Juli 2020 - 16:25 WIB
Antrean Kendaraan di Pelabuhan Merak. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengapresiasi layanan pembelian tiket berbasis daring yang diterapkan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, adanya layanan pembelian tiket daring ini akan mengurangi kemacetan di pelabuhan penyeberangan yang terjadi pada musim Lebaran, Natal dan tahun baru, serta hari besar lainnya.

"Ini bisa mengurai kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Merak," ujar Budi, saat ikut meresmikan aplikasi Ferizy bersama Menteri BUMN Erick Thohir, melalui video virtual di Jakarta, Sabtu (25/7/2020).

Dia melanjutkan, peningkatan layanan melalui digitalisasi memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang menggunakan moda transportasi penyeberangan. Adapun, layanan pembelian tiket berbasis daring juga akan berdampak pada pariwisata domestik. ( Baca juga:Disparpora Adakan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata )

"Dengan pembelian tiket secara daring, masyarakat bisa membeli tiket jauh-jauh hari dan dapat merencanakan perjalanan dengan baik. PT ASDP pun dapat memprediksi jam-jam puncak, sehingga kepadatan dapat dihindari," jelasnya.



Senada yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, peluncuran Ferizy atau aplikasi reservasi daring tiket ferry ini menjadi bagian dari peningkatan pelayanan bagi wisatawan maupun pelaku ekonomi kreatif dalam mobilitas antarpulau di Indonesia.

"Masa pandemi membuat digitalisasi terakselerasi cepat. Saya melihat ASDP memanfaatkan momentum ini, dengan mempunyai platform digital ini kemampuan ASDP akan jauh lebih tinggi dan aman," tandasnya.
(uka)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More