Luhut Ungkap Peran Penting Indonesia Sukseskan Dekarbonisasi Global

Kamis, 07 September 2023 - 12:01 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutan di acara Indonesia Sustainability Forum (ISF) di Park Hyatt Jakarta, Kamis (7/9/2023). FOTO/dok.SINDOnews
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Indonesia memiliki peran penting dalam upaya mensukseskan dekarbonisasi global. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat besar dengan 94 juta hektare (ha) hutan hujan tropis yang dapat mengurangi emisi udara.

"Indonesia telah menjadi pelopor beberapa proyek dan komitmen dekarbonisasi terbesar, yakni nol bersih pada tahun 2060," kata dia saat memberikan sambutan di acara Indonesia Sustainability Forum (ISF) di Park Hyatt Jakarta, Kamis (7/9/2023).





Menurut dia Indonesia juga memiliki potensi energi terbarukan yang sangat besar lebih dari 3.600 giga watt (GW). Pemerintah pun terus mendorong energi hijau. Tak hanya itu, Indonesia juga memiliki sumber daya mineral yang melimpah untuk mendukung transisi energi seperti nikel, timah, bauksit dan tembaga. Dia menyampaikan bahwa pemerintah terbuka untuk berkolaborasi dan bekerja sama mendorong investasi hijau dengan meningkatkan ekonomi hijau melalui pembangunan bisnis baru yang ramah lingkungan dan beralih ke praktik yang lebih berkelanjutan.

"Melalui sektor finansial, teknologi, sumber daya manusia, dan pendukung lainnya untuk mempercepat pertumbuhan berkelanjutan," katanya.



Sebagai Informasi, Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2023 merupakan forum pertama di indonesia yang berskala internasional dan diselenggarakan oleh entitas pemerintah negara. Acara ini diharapkan akan menjadi event tahunan yang bisa menjadikan Indonesia sebagai negara superpower untuk agenda Indonesia Sustainability Forum menyediakan sarana untuk mendiskusikan terobosan-terobosan dalam mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, serta memetakan kolaborasi dan kemitraan keberlanjutan dalam mempercepat transisi menuju ekonomi hijau. Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menjadi penyelenggara bersama ISF tahun ini.
(nng)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More