Inacraft Batal Digelar Tahun Ini, Nantikan pada Maret 2021

Rabu, 12 Agustus 2020 - 16:05 WIB
Salah satu stan kerajinan pada Inacraft 2019. Foto/Dok SINDOphoto/Suratman
JAKARTA - Ajang pameran kerajinan tahunan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) ke-22 yang sedianya digelar bulan April 2020 terpaksa ditunda hingga tahun 2021 akibat pandemi Covid-19 .

"Karena perizinan belum kami peroleh, dan angka kasus Covid-19 masih tinggi, maka pihak Asosiasi Eksportir Dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) memutuskan untuk menunda Inacraft di tahun 2021, tepatnya mulai tanggal 31 Maret hingga 4 April 2021," kata Direktur Mediatama Binakreasi Umi Noor W dalam konferensi pers virtual Inacraft ke-22 di Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Dengan adanya pandemi ini, ungkapnya, pameran industri nampaknya terdampak pertama. "Namun, kami berupaya supaya tidak menjadi pihak yang bangkit terakhir," imbuh Umi. (Baca juga: Wisata Bromo Ditutup, Sopir Jeep Wisata Ini Banting Setir Tekuni Kerajinan Batok Kelapa )

Inacraft ke-22 akan menghadirkan Provinsi Aceh sebagai ikon utama, dengan tetap mengambil lokasi di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC).

"Untuk itu, kami selalu berkoordinasi dengan Asephi untuk mempersiapkan hal-hal teknis untuk menghadapi Inacraft ke-22 tahun depan. Sesuai anjuran pemerintah, kita harus mulai beradaptasi dengan tatanan kehidupan baru, begitu pula dengan teknis pelaksanaan pameran," lanjut Umi. (Baca juga: Pemerintah Siapkan Program Subsidi untuk Karyawan Swasta Bergaji di Bawah Rp5juta )



Selama ini, angka peminat dan pengunjung pameran Inacraft luar biasa tinggi. Namun dengan adanya Covid-19, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. "Kami juga akan mencoba membuat panduan dengan mengacu pada Kementerian Kesehatan," pungkasnya.
(ind)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More