Perbandingan Anggaran Makan Bergizi Gratis Indonesia vs India, Mana Lebih Mahal?

Senin, 22 Juli 2024 - 11:14 WIB
Program makan siang gratis bukan baru pertama kali diterapkan dalam sebuah negara. Bandingkan Rp7.500 per porsi yang disiapkan Indonesia dengan India. Foto/Dok
JAKARTA - Anggaran makan siang gratis Indonesia yang sudah berganti nama menjadi makan bergizi gartis tengah jadi pembahasan hangat setelah Prabowo Subianto terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia. Meski begitu, masih banyak pro kontra terkait program unggulan Prabowo-Gibran ini.



Salah satu yang menjadi perdebatan terkait anggaran makan bergizi gratis adalah penurunan alokasi biayanya dari Rp15.000 jadi Rp7.500 per porsi. Angka Rp7.500 sendiri dianggap sudah cukup besar di beberapa daerah tertentu menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) , Muhadjir Effendy.



Untuk saat ini, anggaran makan bergizigratis Indonesia masih berada di angka Rp71,5 triliun. Menko Airlangga Hartarto menjelaskan jika jumlah tersebut tidak akan mengalami pemotongan.

Perbandingan Anggaran Makan Siang Gratis Indonesia vs India

Program makan siang gratis bukan baru pertama kali diterapkan dalam sebuah negara. Banyak negara-negara lain yang telah menjalankan program ini dengan baik, misalnya seperti India.

Menurut BBC, India kembali melanjutkan program pemberian makan gratis di sekolah pada bulan April 2022 lalu setelah terhenti selama dua tahun selama pandemi.



Skema makan gratis ini pertama kali dimulai di kota selatan Chennai (Madras) pada tahun 1925 dan diberlakukan secara nasional pada 2001. Program ini telah mencakup 87% siswa yang terdaftar di sekolah negeri.

Meski sudah ditetapkan anggaran untuk makan bergizigratis, pada prakteknya di India cenderung menanggung biaya lebih besar dari yang ditetapkan menurut survei Global Child Nutrition Foundation pada 2020.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More