Dibayangi 2 Sentimen dari Dalam Negeri, IHSG Bakal Menguji 7.600

Selasa, 15 Oktober 2024 - 07:45 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi bakal uji resisten di level 7.600 pada perdagangan, usai kemarin bergerak sesuai perkiraan dengan tutup di atas pivot 7.550. Foto/Dok
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) diproyeksi bakal uji resisten di level 7.600 pada perdagangan, Selasa (15/10/2024). Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan mengatakan, IHSG bergerak sesuai perkiraan dengan tutup di atas pivot 7.550 di Senin (14/10).

“Secara teknikal, MACD terus menunjukan penyempitan negative slope,” kata Valdy dalam risetnya, Selasa (15/10/2024).





Dari eksternal, pasar menantikan rilis data tingkat pengangguran Inggris untuk bulan Agustus yang diperkirakan stabil di level 4,10 persen. Selain itu, dari kawasan eropa akan merilis data ZEW Economic Sentiment Index untuk bulan Oktober yang diproyeksikan akan tumbuh ke level 16,90 dari level sebelumnya sebesar 9,30 di bulan September.

“Data-data tersebut mengindikasikan bahwa dampak positif dari pemangkasan suku bunga acuan Bank Sentral Eropa di pertengahan tahun 2024 mulai berdampak ke ekonomi riil,” ujar Valdy.

Dari dalam negeri, pasar mengantisipasi data cadangan devisa dan Neraca Perdagangan Indonesia (NPI) yang akan dirilis pada tengah pekan ini. Terkait hal ini, harga minyak bumi melemah lebih dari 2% di Senin (14/10) kemarin, dipicu oleh revisi negatif atas global oil demand oleh OPEC.

Adapun rekomendasi saham hari ini antara lain, PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT).

Sementara itu Analis Binaartha Sekuritas, Ivan Rosanova mengatakan, IHSG menghadapi resisten fraktal 7.595, di mana penembusan di atasnya akan membuka jalan untuk melanjutkan kenaikannya menuju 7.642.

“Namun demikian, adanya pelemahan menuju 7.500-7.510 mestinya merupakan koreksi normal sebelum adanya reli yang dapat terjadi setelahnya,” kata Ivan dalam risetnya, Selasa (15/10).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More