Dirgahayu RI! Ini Kado Terindah untuk Negeri dari BI

Selasa, 17 Agustus 2021 - 15:17 WIB
Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Bertepatan HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia pada hari ini, Bank Indonesia (BI) secara resmi meluncurkan Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) dan Pra Resmi QRIS Antarnegara yang bekerja sama dengan Bank of Thailand.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan, peluncuran ini merupakan kado terindah yang diberikan BI bagi negeri. Langkah ini mengikuti terobosan bank sentral yang meluncurkan QR Indonesia Standard (QRIS) pada 2019 lalu.

"Kita memberikan kado ulang tahun terindah bagi negeri ini, sekaligus bagi kami BI pada 1 Juli merayakan 68 tahun berdirinya BI. Inilah bukti nyata kita menyatukan langkah, sinergi, inovasi melalui digitalisasi," ujar Perry di Jakarta, Selasa (17/8/2021).





Dia menjelaskan, SNAP nantinya akan mengintegrasikan seluruh layanan jasa sistem pembayaran di Indonesia. Kehadiran SNAP diharapkan bisa mendorong kemajuan bagi sisrem keuangan dan perekonomian di Tanah Air.

Hal ini juga sebagai bentuk transformasi lanjutan setelah sebelumnya Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) bersama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) mengintegrasikan QRIS.



"Standar Nasional Open API Pembayaran ini adalah sejarah karena SNAP ini akan menyatukan langkah kita mengintegrasikan dan mengoneksikan pelayanan jasa sistem pembayaran yang kita lakukan bagi kemajuan keuangan dan ekonomi negeri ini," bebernya.

Sementara itu, untuk peluncuran pra-resmi QRIS antarnegara, BI bekerja sama dengan Bank of Thailand yang memungkinkan berbagai transaksi keuangan dapat dilakukan di kedua negara.
(ind)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More