Banten Farm Tingkatkan Penjualan Ternak melalui Pemasaran Online

Rabu, 06 Oktober 2021 - 09:00 WIB
Pemasaran online atau bisa disebut juga Digital Marketing merupakan teknik pemasaran terkini dengan bermodalkan internet.
BOGOR - Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung (Unisba) merupakan salah satu perguruan tinggi yang kepincut menggairahkan perekonomian melalui sektor pertanian . Ini sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat untuk membangkitkan kembali aktivitas ekonomi masyarakat berbasis digital.

Untuk mewujudkan itu, Program Studi Manajemen Unisba menggelar pelatihan sistem manajemen pemasaran online kepada peternak domba Banten Farm sebagai pelaku usaha di sub sektor peternakan.

Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Unisba, Rabiatul Adwiyah menjelaskan pelatihan ini merupakan pemberdayaan masyarakat sekaligus meningkatkan minat generasi milenial untuk terjun ke sektor pertanian, khususnya dalam melakukan pemasaran secara digital.

(Baca juga:Sektor Pariwisata Sepi, Industri Kreatif Didorong Manfaatkan Pemasaran Online)

Menurutnya, pelatihan ini sebagai proyek percontohan di Indonesia, di mana Banten Farm merupakan usaha ternak domba dan kambing yang sudah memiliki website sebagai contoh pelaku usaha ternak di Indonesia.



“Pelatihan ini telah kami lakukan pada 26 September 2021 bulan lalu. Pemanfaatan sistem pemasaran online memiliki banyak manfaat yaitu meningkat volume penjualan dan peningkatan omzet penjualan” ujar Rabiatul, di Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/10/2021).

Menurutnya, pemasaran online atau bisa disebut juga Digital Marketing merupakan teknik pemasaran terkini dengan bermodalkan internet. “Selain bisa menjangkau ke seluruh dunia, pemasaran online bisa dilakukan hanya di depan komputer,” ujarnya.

(Baca juga:Petani Sayur Alumni Pelatihan OTM Manfaatkan Peluang Pemasaran Online)

Perempuan yang tengah menempuh program studi doktor di Institut Pertanian Bogor (IPB) ini menekankan adanya strategi dalam pemasaran online ini. Berbeda dengan strategi pemasaran secara konvensional atau offline. Strategi pemasaran secara online jauh lebih luas dan kompleks sehingga dapat disesuaikan dengan berbagai jenis bisnis atau produk yang ingin dijual.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More