Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Balik Modal 40 Tahun, Segini Usulan Harga Tiketnya

Selasa, 08 Februari 2022 - 08:49 WIB
Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung diproyeksikan balik modal 40 tahun. FOTO/IST
JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memperkirakan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau KCJB balik modal dalam kurun waktu 40 tahun setelah beroperasi.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet memperkirakan saat beroperasi penumpang mencapai 31.215 per hari dan jika mengikuti feasibility study di mana asumsi balik modal dapat terjadi dalam kurun waktu 40 tahun.



"Saat ini perhitungan FS masih belum final, kemarin sempat di angka 40 tahun, namun masih kita coba evaluasi agar kira-kira apakah ada lagi potensi revenue stream lagi atau strategi bisnis yang lain yang bisa membuat BEP (break even point) bisa lebih kecil dari 40 tahun," kata Dwiyana saat RDP dengan Komisi V DPR RI, Senin (7/2/2022).

Sementara, KCIC telah membocorkan sejumlah tarif tiket operasional kereta tersebut yang akan diklasifikasikan dan terbagi dalam 3 kelas yakni VIP, first clas dan second class. Sebagai catatan, progres KCJB telah mencapai 79,90% dan ditargetkan akan rampung di tahun 2023 mendatang.





"Jadi nanti unruk kapasitas 1 train set ada 601 seat terdiri dari 3 kelas, VIP, first class, dan second class. Tarif berkisar sekitar Rp150-350 ribu sesuai hasil study demand forecast UI," katanya.
(nng)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More