Dukung Gernas BBI, Pertamina Siap Bina UMKM-BUMDes di Maluku Utara

Rabu, 06 Juli 2022 - 00:16 WIB
Kick Off Gernas BBI Maluku Utara 2022, di Sofifi, Maluku Utara, Selasa (5/7/2022). Foto/Ist
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menandatangani komitmen dukungan dan partisipasi dalam kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ( Gernas BBI ) Maluku Utara (Malut) 2022. Dukungan tersebut antara lain diwujudkan melalui pelatihan bagi UMKM terpilih melalui UMK Academy dan onboarding mitra usaha di Pertamina SMEXPO.

Dalam Gernas BBI Maluku Utara 2022, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bertindak sebagai campaign manager dan Pemerintah Provinsi Maluku Utara selaku brand ambassador.

Sedangkan top brands yang terlibat dalam gerakan tersebut adalah BUMN dan perusahaan swasta nasional seperti Pertamina, BNI, Garuda Indonesia, Telkom, Pos Indonesia, Pegadaian, BCA, Citilink, Marizarasa Sarimurni, Grab Indonesia, LinkAja, Shipper, YOKKE, Mustika Ratu dan GoTo.



"Gernas BBI Maluku Utara memiliki konsep berbeda karena kami akan melakukan mendampingan selama tiga bulan dari Juli sampai September 2022 kepada BUMDes dan UMKM untuk meningkatkan penjualannya," tutur Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kemendes PDTT Harlina Sulistyorini, dalam acara Kick Off Gernas Maluku Utara 2022, di Sofifi, Maluku Utara, Selasa (5/7/2022).



Harlina mengatakan, Gernas BBI yang diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 bertujuan agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, utamanya produk UMKM. Dia berharap, dari Gernas BBI Malut ini seluruh pelaku usaha dan BUMDes bisa aktif dalam melaksanakan tugasnya. "

"Sehingga nantinya kami dapat memberi previlege mana pelaku usaha maupun BUMDes yang layak mendapat penghargaan," tuturnya.

Pertamina dengan Program Kemitraan yang dilakukannya akan berpartisipasi dalam peningkatan kapasitas UMKM lewat UMK Academy. Materi pelatihan ditujukan untuk mendorong pelaku usaha daerah Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global. Selanjutnya, UMKM terpilih akan diberikan kesempatan untuk memamerkan produk dan jasanya dalam Pertamina SMEXPO, serta GBBI Corner di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More