PHRI Imbau Hotel Jangan Aji Mumpung

Rabu, 13 Mei 2015 - 20:19 WIB
PHRI Imbau Hotel Jangan Aji Mumpung
PHRI Imbau Hotel Jangan Aji Mumpung
A A A
YOGYAKARTA - Perhimpunan Hotel Republik Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengimbau agar para pengusaha hotel tidak melakukan aji mumpung saat momen libut panjang.

Sekretaris PHRI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Dedy Pranowo mengatakan, data yang masuk pada Rabu (13/5/2015) okupansi hotel berbintang naik di kisaran 30% dari hari biasanya. "Rata-rata okupansi hotel berbintang hari ini 80%, di semua ring," ujarnya.

Hal yang sama juga dialami hotel kelas melati atau penginapan. Saat ini okupansinya sekitar 60%, lebih tinggi dari hari biasa yang hanya 20%.

Atas naiknya okupansi ini, dia berharap para pengusaha tetap memberikan pelayanan yang baik. Jangan sampai, menggunakan sistem aji mumpung. Di saat seperti ini, harganya dinaikkan seenaknya. "Jangan Aji Mumpung. Harga jangan dinaikkan berlebihan. Kita toleransi maksimal 10% saja," katanya.

Hal ini agar wisatawan atau pengunjung dari luar daerah tidak kapok mendatangi Yogyakarta sebagai tempat pilihan menghabiskan waktu liburan. "Untuk di DIY, hotel berbintang berjumlah 63. Sementara non bintang lebih dari 500," tuturnya.

Dedy berharap, kenaikan terjadi sampai Minggu (17/5/2015) dengan tingkat akupansi 100%. Kondisi ini bisa menutup pengeluran, karena pada April lalu kondisinya sepi.

Mengenai pengunjung atau wisatawan yang memesan hotel, lanjut Dedy, didominasi dari Jawa Barat serta Jawa Timur. Sementara dari mancanegara, mereka berasal Asia Tenggara dan Eropa. "Kalimantan ada, tapi sedikit. Untuk Asia Tenggara, seperti Singapura dan Malaysia. Dari Eropa juga sudah mulai ada," ujarnya.

Memanfaatkan libur panjang ini, beberapa hotel berbintang menawarkan beberapa agenda untuk menghibur pengunjung. Salah satunya Hotel Tentrem Yogyakarta, yang akan menggelar konser Dewa 19 Kamis (14/5/2015). "Agendanya besok (hari ini) ada konser Dewa," kata Public Relation Manager Hotel Tentrem Yogyakarta, Nike Aristya.

Selain itu, lanjut Nike, pengunjung berhak mendapatkan potongan sebesar 30% untuk setiap transaksi di Summer Palace Chinese Restaurant. Di tempat tersebut, dapat menikmati menu-menu spesial mulai dari Peking Duck, Udang Galah Saus Bawang Putih, Kailan Masak Dua Rasa, Ikan Saus Thailand, Aneka Dimsum dan menu lainnya. "Ini setiap hari. Kita diskon 30% di setiap transaksi," terangnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8256 seconds (0.1#10.140)