Malaysia Masuk 5 Besar Investor Terbesar, Bahlil: Bukan Uang Orang Malaysia

Selasa, 24 Januari 2023 - 22:53 WIB
loading...
Malaysia Masuk 5 Besar Investor Terbesar, Bahlil: Bukan Uang Orang Malaysia
Menteri Bahlil Lahadalia mengungkap penyebab Malaysia masuk 5 besar investor di Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) merilis realisasi investasi sepanjang tahun 2022 mencapai Rp1.207,2 triliun. Ada lima negara yang menjadi penyumbang terbesar, yakni Singapura, China, Hong Kong, Jepang, dan Malaysia.



Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, masuknya Malaysia dalam lima besar negara penyumbang investasi terbesar di Tanah Air bukan berarti Jiran itu memiliki uang yang lebih banyak dibandingkan dengan Indonesia. Menurut Bahlil, Malaysia saat ini merupakan negara hub seperti Singapura.

"Ini Malaysia jangan terkecoh, mohon maaf ini bukan uangnya orang Malaysia, tapi Malaysia dijadikan sebagai hub untuk melakukan investasi dari Korea," kata Bahlil di Kantor Kementerian Investasi, Selasa (24/1/2023).

Bahlil menjelaskan, sebagian investasi yang masuk dari Malaysia berasal dari Korea Selatan melalui perusahaan Lotte.

"Lotte itu hubnya di Malaysia. Jadi jangan kita pikir ini uangnya orang Malaysia. Enggak, Indonesia punya duit mungkin lebih banyak," ucap Bahlil.



Sebagai informasi, realisasi investasi dari Malaysia sepanjang tahun 2022 mencapai USD3,3 miliar atau setara Rp49,13 triliun sehingga mengantarkan Malaysia menjadi negara nomor 5 dengan jumlah investasi terbesar di Indonesia.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2080 seconds (0.1#10.140)