Selama Tiga Pekan, BRI Berhasil Salurkan Rp7,7 Triliun Dana PEN

Selasa, 14 Juli 2020 - 15:11 WIB
loading...
Selama Tiga Pekan, BRI Berhasil Salurkan Rp7,7 Triliun Dana PEN
Bank BRI berhasil menyalurkan dana PEN mencapai 77%. Foto/Dok.
A A A
JAKARTA - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melakukan akselerasi penyaluran kredit atas penempatan dana yang diterima dari pemerintah. Hingga pertengahan Juli 2020, BRI berhasil menyalurkan kredit senilai Rp7,7 triliun atau setara 77% dari alokasi yang diterima sebesar Rp10 triliun.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengatakan, kredit atas penempatan dana dari pemerintah tersebut disalurkan kepada hampir 150 ribu pelaku usaha dengan mayoritas sebesar 61% berada di segmen mikro dengan komposisi sektor ekonomi pertanian dan perikanan mencapai 21%.

"Apabila kita lihat sebaran secara geografis, 58% penerima kredit tersebut berada di Pulau Jawa dan sisanya sebesar 42% berada di luar Pulau Jawa," ujar Sunarso di Jakarta, Selasa (14/7/2020).



Menurut dia upaya penyaluran dan tersebut dilakukan Bank BRI untuk melakukan pemerataan ekonomi di Indonesia. Tidak hanya itu, atas dana yang diterima tersebut diharapkan akan mampu me-leverage ekspansi kredit BRI setidaknya tiga kali untuk mendorong sektor riil, utamanya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Khusus BRI, misalkan kita dapat Rp10 triliun maka harus ekspansi menjadi Rp30 triliun, dan kami komit mencapai lebih dari itu. Kami punya target segmen UMKM yang mendukung sektor pangan, baik pertanian maupun pendukung industri pertanian. Demikian pula sektor distribusi dan fasilitas kesehatan. Fokus paling besar ke pangan," kata dia.

Saat ini, BRI akan tetap ekspansi untuk terus tumbuh. Dengan begitu, UMKM akan tetap berdaya dan akan mampu meningkatkan penyerapan tenaga kerja, dan ujungnya mengurangi angka pengangguran. "Upaya yang dilakukan BRI selaras dengan strategi pemerintah utamanya Kementerian BUMN yang terus berupaya agar membangkitkan kembali bisnis UMKM yang tergerus akibat dampak pandemi Covid-19," jelasnya.

Sebagai informasi pada Rabu (24/06) pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani menempatkan dana sebesar Rp30 triliun pada Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dalam rangka mendorong percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terutama untuk sektor riil.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)