alexametrics

OECD Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Jepang

loading...
OECD Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Jepang
Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) telah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Jepang 2015. Foto: Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
TOKYO - Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) telah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Jepang 2015.

Prospek ekonomi global OECD, yang diterbitkan kemarin mengungkapkan bahwa produk domestik bruto Jepang akan tumbuh 0,7% tahun ini atau turun 0,1 poin dari perkiraan sebelumnya pada November tahun lalu.

Seperti dikutip dari NHK World, Kamis (4/6/2015), OECD mengatakan, belanja konsumen telah pulih namun hanya cukup setelah adanya kenaikan pajak konsumsi 8% tahun lalu.



Namun untuk 2016, OECD menaikkan proyeksi pertumbuhan Jepang sebesar 0,4 poin menjadi 1,4%. Karena harga minyak mentah lebih murah dan yen yang melemah akan membantu perekonomian kembali pulih.

Hal tersebut mendesak pemerintah Jepang untuk melaksanakan reformasi struktural yang drastis, termasuk strategi pertumbuhan untuk mempromosikan investasi perusahaan, dalam rangka memulihkan kesehatan fiskal.

Sementara ekonomi AS, OECD menurunkan proyeksi sebesar 1,1 poin menjadi 2%. Organisasi itu mengatakan dolar yang lebih kuat dapat membahayakan pendapatan perusahaan.

Sementara, pada zona euro, OECD menaikkan perkiraan 1,4%. Masalah utang Yunani menjadi khawatir, namun secara keseluruhan diperkirakan akan terjadi pemulihan karena bebrapa langkah pelonggaran kuantitatif oleh Bank Sentral Eropa.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak