Resmi Meluncur, Platform E-Commerce All-in-One Bantu Bisnis Merchant RI Lebih Berkembang

Kamis, 02 Februari 2023 - 19:59 WIB
loading...
Resmi Meluncur, Platform E-Commerce All-in-One Bantu Bisnis Merchant RI Lebih Berkembang
Ilustrasi foto/pexels/pixabay
A A A
JAKARTA - Tren belanja online membuat bisnis e-commerce terus berkembang dan kian semarak dengan berbagai inovasi yang bermunculan. Berbagai platform dan fitur hadir untuk memudahkan jual-beli online, baik bagi penjual maupun konsumen.

Plugo, salah satu platform e-commerce berbasis di Jakarta yang baru meraih pendanaan senilai USD9 juta pada Desember 2022 lalu, resmi meluncurkan platform-nya untuk publik, Rabu (1/2).

Plugo hadir untuk membantu siapa pun yang ingin berbisnis online, mulai dari yang baru merintis bisnis online hingga brand yang sudah mapan.

Platform e-commerce all-in-one ini memberi kontrol yang lebih besar kepada para penggunanya, brand identity yang lebih kuat, serta kemampuan untuk mengatur harga jual barang yang lebih bersaing sekaligus pertumbuhan bisnis yang lebih terukur.

CEO dan Founder Plugo, Kyungmin Bang mengatakan, momentum peluncuran produknya sangat tepat seiring tren bermigrasinya brand-brand dari marketplace ke platform direct-to-consumer (D2C) seperti Plugo.

Di Amerika, dia menyontohkan, sejak 2020 brand-brand besar seperti IKEA dan Nike telah meninggalkan Amazon sebagai saluran penjualan mereka dan beralih ke D2C.

Kyungmin pun memprediksi hal serupa akan terjadi di Tanah Air. Ini terbukti dari banyaknya pengguna Plugo versi beta yang memutuskan untuk meninggalkan marketplace dan membuat website toko online mereka sendiri. Meski begitu, Kyungmin menegaskan bahwa Plugo hadir bukanlah untuk menyaingi marketplace.

"Marketplace merupakan entry point terbaik bagi para pebisnis yang baru akan merambah dunia e-commerce,” ujarnya melalui siaran pers, dikutip Kamis (2/2/2023).

Dia melanjutkan, platform seperti Tokopedia dan Shopee memiliki basis pengguna yang sangat besar dan kehadirannya sudah diterima oleh khalayak luas sehingga pelanggan merasa familiar dan percaya.

“Namun, sebaiknya merchant tidak menjadikan marketplace sebagai saluran penjualan tunggal jika mereka ingin berkembang secara berkelanjutan," tukasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1998 seconds (0.1#10.140)