Dua BUMN Ini Teken MoU Kembangkan Pabrik Petrokimia

Rabu, 01 Juli 2015 - 12:18 WIB
Dua BUMN Ini Teken MoU Kembangkan Pabrik Petrokimia
Dua BUMN Ini Teken MoU Kembangkan Pabrik Petrokimia
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) bersama PT Pupuk Indonesia (Persero) hari ini menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) tentang Kajian Pengembangan Pabrik Petrokimia Berbasis Gas dan Batubara.

MoU ini ditandatangani Direktur Utama (Dirut) Pertamina Dwi Soetjipto dan Dirut Pupuk Indonesia Arifin Tasrif yang disaksikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

Dwi menjelaskan, ruang lingkup kerja sama ini adalah penyusunan studi kelayakan terhadap pengembangan pabrik petrokimia berbasis gas dan batu bara. Ini dilakukan sebagai upaya perseroan untuk mengembangkan hilirisasi, salah satunya industri petrokimia.

"Kerja sama Pertamina dan Pupuk Indonesia ini kita melihatnya ada potensi Pertamina harus segera mengembangkan hilirisasi, antara lain petrokimia," tuturnya di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (1/7/2015).

Dia menjelaskan, pengembangan pabrik petrokimia ini juga dirasa sangat penting karena hingga saat ini suplai bahan baku petrokimia masih mengandalkan impor.

Manfaat dari pengembangan industri petrokimia ini tidak hanya berdampak pada rantai pasok (supply chain) dari hulu ke hilir, tetapi juga sangat positif bagi perekonomian nasional, dengan mendorong pertumbuhan ekonomi, penghasilan devisa dan menyerap tenaga kerja.

"Kita (Pertamina-Pupuk Indonesia) sudah klop sehingga kekuatan masing-masing kita akan bisa lihat. Pertamina sudah lama bisnisnya di hulu, kita bergerak ke hilir, dan pupuk punya kemampuan untuk itu," jelasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4655 seconds (0.1#10.140)