Kebut Kebangkitan Parekraf, Sandiaga Instruksikan Gercep Bangun Poltekpar Solo Raya & Manado

Minggu, 12 Februari 2023 - 08:55 WIB
loading...
Kebut Kebangkitan Parekraf, Sandiaga Instruksikan Gercep Bangun Poltekpar Solo Raya & Manado
Menparekraf, Sandiaga Uno menginstruksikan, jajaran untuk mempercepat pembangunan infrastruktur terkait dengan penyiapan SDM, di antaranya Poltekpar Manado dan Poltekpar Solo Raya. Foto/Dok
A A A
MAKASSAR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci dalam percepatan kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). Hal ini disampaikan ketika meninjau Poltekpar Makassar, Jalan Gunung Rinjani Nomor 1, Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Sabtu (11/2/2023).



Menurut lewat penyiapan SDM yang berkualitas, target kunjungan sebesar 7,4 juta wisatawan mancanegara serta 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara mampu terealisasi pada tahun 2023. Dalam kesempatan tersebut, dirinya telah menginstruksikan jajaran untuk mempercepat pembangunan infrastruktur terkait dengan penyiapan SDM, di antaranya Poltekpar Manado dan Poltekpar Solo Raya.

"Karena kalau menunggu sampai enam tahun, ini terlalu lama. Sementara kebangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif kita sekarang itu hitungannya adalah bulan ke bulan," ungkap Menparekraf Sandiaga Uno .

"Tahun ini targetnya 7,4 juta wisatawan mancanegara, dan 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara, berarti yang harus ada penyiapan SDM yang lebih cepat," jelasnya.



Merujuk hal tersebut, Sandiaga Uno mengaku akan berkolaborasi dengan sejumlah pihak, khususnya terkait pendanaan pembangunan infrastruktur. Sehingga, masalah keterbatasan anggaran dalam pembangunan infrastruktur mampu tersolusikan. Begitu juga dengan pembiayaan jangka panjang terkait penyiapan SDM parekraf.

"Kita ingin ada percepatan, sehingga momentum kebangkitan daripada pariwisata kita, khususnya dari segi penyiapan SDM bisa kita tampilkan. Sehingga target 2024, yaitu penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru bisa kita realisasikan," jelasnya.

Kebut Kebangkitan Parekraf, Sandiaga Instruksikan Gercep Bangun Poltekpar Solo Raya & Manado


Apalagi lanjutnya, berdasarkan data terhimpun ada sebanyak 70% lulusan Poltekpar Makassar langsung bekerja di industri pariwisata. Sedangkan sisanya terserap sejumlah sektor lainnya seperti perbankan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)