Upaya PNM Mendorong Penerapan SDGs di Kampung-kampung

Senin, 13 Februari 2023 - 22:13 WIB
loading...
Upaya PNM Mendorong Penerapan SDGs di Kampung-kampung
PT PNM mengadakan pemberdayaan serentak di 10 titik Kampung Madani di seluruh Indonesia. Foto/PNM
A A A
JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani ( PNM ) mengadakan pemberdayaan serentak di 10 titik Kampung Madani seluruh Indonesia sebagai tindak lanjut program pembentukan Kampung Madani yang diresmikan pada tahun 2022 lalu.



Pemberdayaan serentak meliputi pelatihan dengan pembukaan rekening simpedes UMi dan akuisisi agen BRI Link serta pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada 1.552 nasabah PNM Mekaar yang berada di 10 titik Kampung Madani yang tersebar di Lampung, Kabanjahe, Balikpapan, Kendari, Blitar, Semarang, Wonogiri, Cimahi, Pontianak dan Pacitan.

“Kegiatan ini diharapkan agar seluruh nasabah PNM Mekaar mendapatkan literasi mengenai manfaat penggunaan keuangan digital melalui pembuatan rekening simpedes UMi oleh mantri BRI Link, secara merata terutama di wilayah Kampung Madani binaan PNM,” kata Direktur Utama PNM Arief Mulyadi dalam keterangan pers, Senin (13/2/2023).

Dia menjelaskan, konsep Kampung Madani Binaan PNM mengoptimalkan potensi usaha dan ekonomi di wilayah tersebut. Pihaknya mengintegrasikan seluruh aspek sosial ekonomi dan mengajak peran aktif nasabah dan masyarakat lokal untuk berpartisipasi aktif dalam mengelola desanya.

Kampung Madani pada dasarnya merupakan implementasi tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) dalam 4 pilar utama yaitu sosial, ekonomi, lingkungan, tata kelola dan hukum.

"Pemberdayaan yang dilakukan merupakan implementasi pilar ekonomi dengan meningkatkan ekonomi nasabah yakni selain memberikan pembiayaan juga memberikan pelatihan," tambah Arief.

Arief berharap pelaku usaha akan mendapat manfaat berupa kemudahan-kemudahan dalam pengelolaan keuangan dan meningkatkan ekonomi pada salah satu pilar aktivitas Kampung Madani dengan mendorong ekosistem cashless. Sementara itu, bentuk implementasi pilar sosial dan pilar lingkungan sejalan dengan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

"Secara luas, TJSL hadir bukan hanya mendukung pendidikan melainkan berfokus kepada ekonomi, lingkungan serta pembangunan," ucap Arief.

Melalui program Kampung Madani, pihaknya berusaha membangun kepedulian masyarakat terhadap lingkungan yang bersih sekaligus mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari aktivitas pemilahan sampah dalam kolaborasi bersama PT Pegadaian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)