Erick Thohir Mulai Mencoba Intervensi BBM, Uji Coba Bahan Bakar Etanol Dikebut

Selasa, 14 Februari 2023 - 10:02 WIB
loading...
Erick Thohir Mulai Mencoba Intervensi BBM, Uji Coba Bahan Bakar Etanol Dikebut
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, Surabaya bakal menjadi kota pertama yang melakukan uji coba bahan bakar berbasis etanol dan B35. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, Surabaya bakal menjadi kota pertama yang melakukan uji coba bahan bakar berbasis etanol dan B35. Kapan pastinya uji coba itu, Erick menyebutkan paling lama 4 bulan lagi.

“Nah ini yang kita coba, kenapa uji coba di Surabaya 3-4 bulan lagi?. Kita mulai mencoba intervensi BBM (Bahan Bakar Minyak),” ungkap Erick Thohir saat rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI, dikutip Selasa (14/2/2023).



Uji coba bahan bakar berbasis etanol dan B35 nantinya dilakukan Holding Perkebunan Nusantara atau PTPN III. “Karena etanol dan B35 mirip. Dari tumbuhan dan punya proses logistik lebih kompleks. Jadi tidak bisa terlalu jauh pom bensinnya karena bisa busuk,” kata dia.

Pemerintah diketahui memang membidik bahan bakar yang berasal dari etanol sebagai pengganti BBM. Erick Thohir mencatat, etanol menghasilkan Research Octane Number (RON) 139. Baca Juga:Khawatirkan Pertamina, Erick Thohir Minta Efisiensi Keuangan hingga Garap Ethanol

Dia memastikan, dengan energi baru yang bersumber dari etanol, maka bahan bakar yang digunakan pun berkualitas baik.
Proses produksi energi baru sekaligus menjadi upaya pemerintah melakukan substitusi impor BBM.

"Karena etanol itu menghasilkan RON 130 mencapai campuran yang baik untuk kebutuhan BBM kita. Sehingga BBM yang digunakan tentu dengan kualitas tinggi," ucap Erick beberapa waktu lalu.

Mantan bos Inter Milan itu mencatat PTPN III telah menyiapkan lahan tebu seluas 7.000 hektare. Sebagian lahan ini akan digunakan untuk memproduksi etanol. Penggunaan lahan ini pun nantinya diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres).
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)