Ekonomi Melemah Bikin Asing Keluar dari Pasar Saham

Rabu, 15 Juli 2015 - 12:14 WIB
Ekonomi Melemah Bikin Asing Keluar dari Pasar Saham
Ekonomi Melemah Bikin Asing Keluar dari Pasar Saham
A A A
JAKARTA - Analis PT Investa Saran Mandiri Hans Kwee mengatakan, kondisi ekonomi yang melemah mempengaruhi minat investor asing yang berinvestasi di pasar saham Tanah Air.

Dia menjelaskan, hal tersebut membuat mereka menarik dananya (outflow) dari dalam negeri, terutama sektor pasar modal, sehingga membuat IHSG turut melemah.

"Ekonomi melemah terjadi karena kontribusi ekspor-impor yang lambat. Asing keluar sampai Rp200 miliar," ujarnya saat dihubungi Sindonews di Jakarta, Rabu (15/7/2015).

Selain itu, dia menyampaikan, juga disebabkan oleh tertekannya harga komoditas ekspor yang menurun, seperti batu bara, nikel.

Ditambah serapan anggaran pada semester I juga masih tersendat. Kendati demikian, pada semester II diharapkan serapan anggaran akan meningkat.

"Karena pemerintah baru, kementerian baru, nomenkelatur berubah sebabkan serapan anggaran semester I lebih kecil. Diharapkan semseter II naik 50-60%," jelas Hans.

Di sisi lain, menurutnya, pemerintah harus bisa mengajak investor asing berminta untuk investasi di dalam negeri. Salah satunya dengan memberikan insentif.

"Kalau pakai dana BUMN saja tidak cukup. Bisa ajak swasta untuk melakukan investasi," pungkasnya.

(Baca: Ekonomi Makin Lesu, Siap-siap PHK Massal)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0029 seconds (0.1#10.140)