IHSG Hari Ini Diprediksi Masih Bergerak Sideways, Investor Bisa Ambil Kesempatan

Kamis, 16 Februari 2023 - 07:53 WIB
loading...
IHSG Hari Ini Diprediksi Masih Bergerak Sideways, Investor Bisa Ambil Kesempatan
Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG hari ini berpotensi bergerak mixed dengan kecenderungan melemah pada sepanjang perdagangan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) hari ini berpotensi bergerak mixed dengan kecenderungan melemah pada sepanjang perdagangan. Adapun pergerakan indeks saham akan berada di kisaran 6.800-6.950.



Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project, William Hartanto mengatakan, perdagangan kemarin termasuk kondisi yang menarik, dimana IHSG dibuat melemah cukup dalam dulu, untuk kemudian dikembalikan di atas 6.900 dan pelemahan jadi tipis saja.

"Kondisi ini memperlihatkan bahwa potensi IHSG untuk sideways lebih besar daripada konfirmasi pola inverted head and shoulders. Namun kami kembali mengingatkan, bahwa jika hanya berakhir sideways, maka itu bukan masalah," tulis William dalam analisisnya, Kamis (16/2/2023).

Menurut William, saat ini sentimen yang dikhawatirkan pelaku pasar telah kembali, yaitu inflasi AS yang tinggi sehingga memungkinkan terjadinya kenaikan Fed rate lagi.



Tekanan jual pada IHSG adalah hal yang wajar jika sentimen ini benar adanya, karena saat ini akan ada perpindahan minat investasi ke instrumen lain yang relatif lebih aman dan menguntungkan dibanding saham.

"Dengan kata lain, kondisi IHSG saat ini mungkin kurang menguntungkan bagi yang ingin berinvestasi jangka panjang dengan adanya sentimen ini karena memungkinkan jangka waktunya menjadi terlalu panjang," katanya.

Adapun Net buy investor asing pun mulai terhenti dan sudah ada net sell beberapa hari terakhir. "Ini mungkin menambah kekhawatiran kecuali Anda cukup jeli memperhatikan bahwa yang mengalami net sell bukanlah saham-saham index movers," ungkapnya.

Secara teknikal, IHSG berpotensi melemah terlihat dari indikator MACD yang menuju dead cross. Sebelumnya IHSG ditutup melemah sebesar -27.31 poin (-0.39%) menuju 6.914,53 pada perdagangan hari Rabu 15 Februari 2023.

Sebanyak 189 saham menguat, 311 saham menurun, dan 206 saham tidak mengalami perubahan harga pada perdagangan kemarin.cNilai transaksi mencapai Rp9.306 triliun (all market). Nilai transaksi mengalami peningkatan dibanding nilai transaksi sebelumnya.

Berikut beberapa saham yang direkomendasikan secara teknikal.
TAPG, buy, support 600, resistance 690.
GIAA, buy, support 94, resistance 108.
AGRO, buy, support 402, resistance 454.
JSMR, buy, support 3330, resistance 3480.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2218 seconds (0.1#10.140)