Gotong Royong Lintas Sektor Optimistis Percepat Penurunan Angka Stunting

Kamis, 16 Februari 2023 - 21:58 WIB
loading...
Gotong Royong Lintas Sektor Optimistis Percepat Penurunan Angka Stunting
Appnia terus mendorong pelibatan pemangku kepentingan lintas sektor untuk menurunkan angka stunting. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Asosiasi Perusahaan Produk Bernutrisi untuk Ibu dan Anak (Appnia) terus mendorong pelibatan pemangku kepentingan lintas sektor untuk menurunkan angka stunting. Gotong royong optimistis mampu menurunkan target hingga 14 persen pada 2024 dapat tercapai.

"Pentingnya peran aktif bersama seluruh pemangku kepentingan hingga masyarakat, agar upaya pemerintah untuk mempercepat penurunan prevalensi stunting dapat berjalan sesuai target," ujar Ketua Umum APPNIA Vera Galuh Sugijanto dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.



Menurut dia pemenuhan gizi seimbang di dalam keluarga menjadi faktor utama yang akan menentukan keberhasilan program penanganan stunting. Disampaikan Vera, visi dan misi Appnia sendiri adalah untuk membantu peningkatan status gizi masyarakat khususnya ibu dan anak dalam 1000 hari pertama kehidupan.

"Caranya melalui penyediaan layanan dan akses terhadap pangan bergizi, terjangkau,dan berkualitas dengan tetap mendukung program pemerintah, termasuk program penurunan prevalensi stunting, melalui berbagai program yang sesuai dengan etika berusaha yang baik," kata dia.

Appnia juga senantiasa mendukung pemenuhan gizi di Indonesia untuk mencapai visi Generasi Emas 2045 sebagai kekuatan utama bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang besar dan maju di tahun 2045. Untuk mencapai generasi masa datang yang sehat dengan kemampuan intelegensi yang kuat, dibutuhkan asupan nutrisi yang optimal.

"Ini tentunya mimpi bagi kita semua, agar Indonesia bisa menjadi bangsa yang jauh lebih besar, dan jauh lebih sehat, yang benar-benar terlihat di peta dunia," sambungnya.

Vera menuturkan bahwa pihaknya secara konsisten melakukan inovasi, peningkatan mutu dan fortifikasi produk demi mendukung program pemenuhan zat gizi masyarakat. Salah satu wujud nyata atas dukungan Appnia terhadap pemenuhan gizi dan pencegahan stunting, saat ini beberapa perusahaan anggota Appnia telah berkolaborasi dengan pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan terkait dalam melakukan berbagai program berkelanjutan di tingkat komunitas berupa program edukasi, peningkatan kapasitas, maupun intervensi pemenuhan gizi yang dilakukan di berbagai daerah sesuai dengan rujukan ilmiah yang berdasar.

Appnia juga berkomitmen untuk mendukung program ASI Eksklusif dimana dibuktikan dengan adanya kemudahan bagi para karyawan perusahaan anggota APPNIA, untuk mendapatkan cuti melahirkan agar fokus merawat buah hati.

Perusahaan anggota Appnia juga telah menerapkan kebijakan cuti melahirkan bagi ibu bekerja selama tiga sampai enam bulan agar ibu dapat mengupayakan pemberian ASI eksklusif bagi bayinya, serta penyediaan Ruang Laktasi pada kantor dan pabrik perusahaan anggota Appnia. Sebagian anggota Appnia juga menerapkan cuti bagi ayah agar dapat mendampingi ibu dalam masa menyusui.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)