Strategi Menciptakan Insan BUMN dengan Cara yang Menyenangkan

Minggu, 19 Februari 2023 - 19:41 WIB
loading...
Strategi Menciptakan Insan BUMN dengan Cara yang Menyenangkan
program Learning Management System bisa meningkatkan kompetensi SDM BUMN. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani ( PNM ) meluncurkan sebuah portal belajar interaktif, yakni Learning Management System (LMS) Satu di Angkasa. Portal tersebut bertujuan untuk mendukung pekerjaan dan meningkatkan kompetensi SDM PNM.



Portal itu menghadirkan pembelajaran melalui journey pembelajaran dengan menampilkan media pembelajaran berupa video, modul, e-book, dan kuis yang berbasis aplikasi dan website.

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi menjelaskan, pengguna LMS akan merasakan sensasi belajar seperti bermain game dengan menyelesaikan tema tertentu untuk bisa melanjutkan ke level selanjutnya dan mendapatkan skor serta ranking atau yang dikenal dengan konsep gamification.

"Proses belajar memang harus dibangun secara menyenangkan. Sudah bukan zamannya lagi belajar dengan teks book, harus dibuat interaktif. Karyawan yang happy belajar punya potensi karier lebih baik. Jadi bisa berkontribusi lebih untuk ekonomi Indonesia,” kata Arief dalam keterangan tertulis, Minggu (19/2/2023).

Arief juga mengatakan bahwa ada teknologi pembelajaran interaktif, yaitu menggunakan Metaverse. Pembelajaran melalui Metaverse merupakan metode future learning yang akan membantu insan PNM belajar secara lebih menyenangkan melalui interaksi yang diwujudkan dalam dunia virtual dan karyawan PNM bebas memilih avatar yang sediakan untuk menjelajahi pembelajaran baik itu materi, video yang bisa diakses di dunia virtual yang disediakan oleh PNM.

“Kami di manajamen berharap pembelajaran dengan creative learning menumbuhkan minat karyawan untuk meningkatkan kapabilitas, kompetensi dan karakter agar menjadi insan BUMN dengan versi terbaik,” katanya.

Selain itu, PNM juga meluncurkan program podcast untuk mendukung soft skill karyawan agar tangguh dan bijak dalam menyikapi segala permasalahan di kehidupan dan di pekerjaan. Dua program podcast unggulan PNM, yaitu Ruang Berbagi Ilmu untuk Karyawan (RUBIK) dan Kisah Manis & Inspiratif (KAMIS).

“Tahun ini adalah tahunnya creative learning bagi insan PNM. Silakan dimanfaatkan semaksimal mungkin,” tutup Direktur Utama PNM.



Sebagai informasi, hingga 31 Januari 2023 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp208,35 T kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 14.128.133 juta nasabah. Saat ini PNM memiliki 3.551 kantor layanan PNM Mekaar dan 705 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 provinsi, 513 kabupaten/kota, dan 6.657 kecamatan.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2046 seconds (0.1#10.140)