alexametrics

Menkeu Bingung Pemda Endapkan Dana Rp273 T di Bank

loading...
Menkeu Bingung Pemda Endapkan Dana Rp273 T di Bank
Menkeu Bambang Brodjonegoro mengaku bingung dengan pikiran pemda mengendapkan dana di bank Rp273 triliun. Foto: Dok/Reuters
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengaku bingung dengan pikiran pemerintah daerah (pemda) mengendapkan dana di bank mencapai Rp273 triliun. Padahal dana pemberian pemerintah pusat itu bisa digunakan untuk membangun wilyahnya.

Dari berita sebelumnya, list Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016, pemerintah telah menaikkan anggaran transfer daerah menjadi Rp782,2 triliun. Angka tersebut lebih tinggi dari total belanja Kementerian atau Lembaga (K/L) sebesar Rp780,3 triliun.

"Mengendapnya dana tersebut merupakan tanggung jawab pemda untuk menyalurkannya. Nah, kalau belum ditransfer ke Kabupaten itu pemda harus nyari jalan sendiri gimana caranya. Ini uang sudah ada padahal. Tinggal dipakai membangun, jangan dianggap bencana," kata Bambang di BKPM, Jakarta, Jumat (14/8/2015).



Dia menyatakan pemerintah tahun depan akan fokus pada pengembangan daerah. Sehingga, dana untuk daerah sengaja dinaikkan dari sebelumnya Rp664,6 triliun. Ini merupakan first history dalam list anggaran negara.

"Daerah itu harusnya sadar kalau uang yang ditransfer itu haknya masyarakat daerah. Bukan uang Pemda. Kalau menganggur Rp273 triliun berarti ada hal yang ditahan di Pemda, itu harus diluruskan," tandasnya.

Baca juga:

Kenaikan Gaji PNS Dihapus, Diganti THR


Ini Asumsi Dasar Ekonomi Makro RI
(dmd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak