Bangun Pasar Bersih, Politisi Ini Dekat dengan Pedagang Kecil

Jum'at, 03 Maret 2023 - 14:00 WIB
loading...
Bangun Pasar Bersih, Politisi Ini Dekat dengan Pedagang Kecil
Wakil Ketua Bidang UMKM dan Koperasi DPR Partai Perindo Jawa Tengah, Muhajir berinisiatif membangun pasar mandiri yang berawal dari kedekatannya dengan para pedagang kecil. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Bidang UMKM dan Koperasi DPR Partai Perindo Jawa Tengah, Muhajir berinisiatif membangun pasar mandiri yang berawal dari kedekatannya dengan para pedagang kecil. Ia kerap memperhatikan beberapa pelaku usaha mikro dan kecil yang menjajakan barang dagangannya di pinggir jalan.



Memiliki latar belakang sebagai tenaga medis tidak menjadikan Muhajir berhenti untuk mempelajari hal lain, salah satunya kewirausahaan. Bahkan Ia sempat menjadi dosen yang mengampu mata kuliah kewirausahaan dan memiliki Klinik Pratama.

“Gimana bisa tenaga medis tapi mengajar kewirausahaan? Artinya kan saya mengajarkan kepada para perawat untuk melihat peluang yang terbuka lebar,” ujar Wakil Ketua Bidang UMKM dan Koperasi DPR Partai Perindo Jawa Tengah Muhajir dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Selasa (28/2/2023).

Perhatian Muhajir kepada pedagang kecil diwujudkan dengan membangun pasar bersih. Dari yang awalnya hanya membangun 2 sampai 3 los pasar dan memiliki 10 pedagang, sampai berkembang menjadi 150 pedagang hanya dalam jangka waktu 1 tahun.

“Hasil retribusi pedagang dikembalikan lagi ke mereka, salah satunya untuk membangun los. Animo pedagang yang berminat berjualan di pasar ini sangat tinggi. Makanya saya mengatakan ke tim pengelola, kita tidak akan ambil keuntungan selama 2 - 3 tahun ke depan. Hanya fokus untuk membangun dan memberdayakan mereka,” paparnya.



Pasar yang dibangun di Kabupaten Cilacap memiliki konsep pasar bersih, dimana Muhajir dan pihaknya menjunjung tinggi kebersihan. Ia menilai, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang pada akhirnya meningkatkan minat masyarakat untuk berbelanja.

Muhajir menambahkan, pasar yang dibangunnya juga bisa dimanfaatkan untuk beberapa kegiatan masyarakat pada jam tutup pasar, seperti kegiatan senam bersama. Ia juga tetap menggunakan profesi tenaga medisnya dengan memberikan pengecekan kesehatan gratis setiap 3 bulan sekali.

“Selain bersih, saya juga mau para pedagang yang jualan di sana sehat,” pungkasnya.

Muhajir berharap ke depannya pasar yang didirikan bersama pihaknya bisa terus memberikan kontribusi kepada masyarakat.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)