Cegah Penumpukan Penumpang, Kemenhub Siapkan 12 Dermaga Layani Pemudik Menuju Sumatera

Minggu, 12 Maret 2023 - 10:21 WIB
loading...
Cegah Penumpukan Penumpang, Kemenhub Siapkan 12 Dermaga Layani Pemudik Menuju Sumatera
Mengantisipasi titik rawan penumpukan penumpang di Pelabuhan Merak, Banten. Menhub Budi Karya Sumadi mengungkapkan, punya 3 rencana untuk mengatasinya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) terus berkoordinasi untuk memastikan kelancaran arus mudik Lebaran 2023 . Termasuk titik rawan penumpukan penumpang di Pelabuhan Merak , Banten.



Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, untuk mengantisipasi hal itu, telah disiapkan 12 dermaga untuk melayani pemudik yang ingin menyeberang menuju pulau Sumatera dengan rincian 7 dermaga di Pelabuhan Merak dan 5 dermaga di Pelabuhan Ciwandan.

"Beberapa hal yang tadi kami koordinasikan, melakukan penambahan jumlah dermaga. Sudah disepakati Ciwandan menambah lima dermaga dari Pelindo," kata Menhub usai melakukan rapat koordinasi di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (11/3/2023).

Menhub memaparkan, jumlah kapal yang disiapkan untuk melayani pemudik di Pelabuhan Merak sebanyak 65 unit, sementara di Pelabuhan Ciwandan sebanyak 15 unit. "Tahun lalu yang datang ke sini 39.000 (pemudik). Insha Allah 39.000 kalau naik pun bisa kita lakukan," tukasnya.



Upaya lain yang dilakukan Kemenhub untuk mengantisipasi penumpukan penumpang adalah melakukan manajemen jumlah penumpang dengan baik.

Kemenhub akan menyosialisasikan secara masif kepada masyarakat untuk membeli tiket secara daring (online) dan lebih awal atau minimal satu hari sebelum keberangkatan, agar jumlah penumpang dan kendaraan yang melintas dalam satu waktu tertentu dapat terkelola dengan baik.

"Kita menganjurkan agar mereka yang akan menggunakan kapal penyeberangan membeli tiket satu hari sebelumnya," saran Menhub.

"Kalau membeli tiketnya di hari keberangkatan maka PT ASDP akan mengenakan harga yang lebih tinggi," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3001 seconds (0.1#10.140)