5 Komunitas Tertua di Dunia, Nomor 3 Gangster yang Berdiri Sejak 1602

Senin, 13 Maret 2023 - 17:11 WIB
loading...
5 Komunitas Tertua di Dunia, Nomor 3 Gangster yang Berdiri Sejak 1602
League of American Wheelmen merupakan salah satu komunitas tertua di dunia. Komunitas sepeda Amerika ini didirikan 30 Mei 1880. Foto/Courtesy of Carlton Reid via Vox
A A A
JAKARTA - Komunitas tertua di dunia sangat menarik untuk dibahas. Sebab, beberapa diantaranya sangat terkenal dan rata-rata sudah berusia ratusan tahun.

Meskipun tidak semua komunitas memiliki sejarah yang dapat ditelusuri, namun komunitas tua tersebut masih ada dan disegani hingga kini.

Lalu komunitas tertua di dunia apa sajakah itu? Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Freemasonry
5 Komunitas Tertua di Dunia, Nomor 3 Gangster yang Berdiri Sejak 1602

Komunitas tertua lainnya yang juga dikenal di seluruh dunia adalah Freemasonry atau Freemasons. Komunitas ini merupakan perkumpulan rahasia terbesar di dunia yang didirikan di halaman gereja St Paul, London pada tahun 1747.



Kala itu, terpilihlah Anthony Sayer sebagai Grand Master pertama mereka. Meskipun tidak memiliki pusat, namun komunitas ini tersebar di setiap negara di dunia.

Sayangnya, tidak ada sumber pasti yang mengatakan bagaimana komunitas ini berdiri. Pada tahun 1723, buku pertama bertajuk Konstitusi Free-Mason diterbitkan. Anggota Freemasonry mengadakan rapat setiap 3 bulan dan selalu mencatat hasilnya.

Melansir laman History, Freemasonry merupakan organisasi persaudaraan yang menuntut anggotanya untuk hidup berbudi luhur dengan orientasi sosial. Organisasi ini masih sangat terkenal hingga kini.

2. Philadelphia Bar Association
5 Komunitas Tertua di Dunia, Nomor 3 Gangster yang Berdiri Sejak 1602

Selanjutnya ada Philadelphia Bar Association yang berdiri pada tahun 1802 di Amerika Serikat (AS). Perkumpulan ini adalah asosiasi pengacara tertua di AS dan dunia. Mulanya, sekelompok pengacara berkumpul di Philadelphia untuk membagikan buku hukum gratis dan menyediakan sumber daya profesional.

Sebelum menjadi Asosiasi Pengacara Philadelphia, organisasi ini bernama Perusahaan Perpustakaan Hukum Kota Philadelphia. Anggota organisasi ini terdiri dari pengacara, hakim, pegawai negeri, pebisnis, dan masyarakat umum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)