Rizal Ramli Minta Tom Lembong Tebar Insentif Industri Garam

Senin, 21 September 2015 - 14:43 WIB
Rizal Ramli Minta Tom Lembong Tebar Insentif Industri Garam
Rizal Ramli Minta Tom Lembong Tebar Insentif Industri Garam
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli meminta Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong menebar insentif bagi para investor, yang berminat membangun industri garam di Tanah Air.

Menurut Rizal, Indonesia sudah seharunya membangun industri garam berkualitas tinggi, baik untuk garam industri ataupun garam konsumsi. Hal ini guna menekan ketergantungan pasar dalam negeri terhadap garam impor.

"Tidak bisa dihindari kita memang harus membangun industri garam yang berkualitas lebih tinggi. Supaya kita juga enggak tergantung impor dan hemat devisa," ujarnya di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (21/9/2015).

Untuk itu, dia meminta agar Mendag Tom Lembong mengundang investor membangun industri garam dalam negeri. Bahkan, mantan Menko bidang Perekonomian itu meminta Tom memberikan insentif agar para investor tertarik. "Bayangin, kita impor hampir 2,2 juta garam industri tiap tahun. Garam aneka pangan juga kita dorong supaya ada investor baru di dalam industri ini," imbuhnya.

Untuk memperbaiki kualitas dan standar garam nasional‎, mantan Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) ini meminta para ahli membantu menciptakan alat sederhana untuk memisahkan air laut dengan garam yang mudah digunakan masyarakat.

"Kalau alat itu ada, saya minta Bu Susi membantu mensubsidi dan menyebarkan alat itu. Panggil timnya, panggil ahli yang jago, bagaimana caranya bersihin garam rakyat yang murah dan efisien buat rakyat. Enggak perlu peralatan yang terlalu mahal‎," tandasnya.


Baca juga
:

Rizal Ramli Sebut Ada Tujuh Begal Importasi Garam

Rizal Ramli Minta Kemendag-Bea Cukai Pantau Impor Garam

Kemendag-Kemenperin Akan Revisi Ketentuan Impor Garam
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9400 seconds (0.1#10.140)