Kementan Akan Mengurangi Bibit Ayam

Senin, 21 September 2015 - 20:35 WIB
Kementan Akan Mengurangi Bibit Ayam
Kementan Akan Mengurangi Bibit Ayam
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) berencana akan mengurangi bibit ayam atau day old chiken (DOC) sekitar enam juta, karena anjloknya karga ayam di pasar dan berlebihnya stok daging ayam di pasaran.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, DOC dikurangi enam juta lantaran harga ayam peternak yang jatuh di pasaran sebesar Rp9 ribu sampai Rp11 ribu per kg.

"Kita sudah koordinasi dengan perusahaan, dan ada 15 perusahan yang besar itu sudah setuju kalau kita akan kurangi DOC kurang lebih enam juta. Alhamdulillah beritanya hari ini sudah mulai naik lagi kisaran Rp500 sampai Rp1.500 per kg," kata dia usai rapat koordinasi di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (21/9/2015).

Menurutnya, saat ini pihaknya mesti sangat menjaga keseimbangan permintaan dan persediaan di pasar. Sehingga, tidak membuat konsumen dan produsen merasa tercekik.

"Kita adakan upaya lain. Salah satunya dengan rencana ekspor ke Jepang. Nanti sesuai permintaan dan yang jelas stok dalam negeri cukup," tutupnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3738 seconds (0.1#10.140)