Upaya Mencegah Aksi Penipuan di Industri Jasa Keuangan

Selasa, 14 Maret 2023 - 20:05 WIB
loading...
Upaya Mencegah Aksi Penipuan di Industri Jasa Keuangan
Upaya mencegah penipuan di sektor jasa keuangan terus digencarkan. Foto/Ilustrasi/aisadigital
A A A
JAKARTA - Banyaknya penipuan dan pembobolan data di industri jasa keuangan menjadi peluang bisnis tersendiri bagi sejumlah perusahaan, salah satunya adalah Paques. Perusahaan penyedia solusi big data analitik buatan Indonesia ini meluncurkan Paques Fraud Detection System.



Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dari solusi anti-fraud adalah kemampuan mengolah data dan informasi dari banyak transaksi. Tidak hanya mampu mengolah data transaksi yang masif, Paques Fraud Detection System (FDS) juga memiliki kemampuan untuk terus beradaptasi terhadap pola ancaman penipuan yang kerap berubah dalam mencari target baru.

"Sehingga, dengan solusi yang dibangun di atas platform big data ini, menjadi salah satu kekuatan Paques FDS dalam mengantisipasi dinamika kebutuhan customers yang terus berkembang,” kata CEO dan Product Creator Paques Benni Adham, Selasa (14/3/2023).

Upaya Mencegah Aksi Penipuan di Industri Jasa Keuangan

CEO dan Product Creator Paques Benni Adham. Foto/Ist

Saat ini PT Bank Victoria International Tbk sudah menggunakan solusi FDS untuk mencegah terjadinya upaya penipuan dan penyelewengan yang sejalan dengan Peraturan OJK No. 39/POJK.03/2019 mengenai penerapan strategi anti-fraud. Muhammad Rakhmadhani, Chief of Change Management Office di PT Bank Victoria International Tbk, mengatakan pihaknya saat ini dalam pengembangan digitalisasi perbankan demi peningkatan produk dan layanan untuk bisa bersaing di pasar.

Lanjut Muhammad, salah satu strateginya yaitu dengan membuka API di luar layanan bank konvensional, sehingga banyak transaksi yang terjadi di beberapa platform digital, yaitu e-commerce dan layanan lain. Kondisi ini menjadi tantangan untuk Bank Victoria dalam melakukan analisa prediktif ataupun preventif dalam menemukan fraudulent activities yang bisa terjadi kapan pun.



"Dengan Paques FDS kami dapat menganalisa semua transaksi dengan cepat dan mudah dan mampu memenuhi regulasi penerapan strategi anti-fraud,” jelas Muhammad.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)