Pelatihan Pembuatan Sabun Cair Ciptakan Peluang Usaha

Rabu, 15 Maret 2023 - 11:30 WIB
loading...
Pelatihan Pembuatan Sabun Cair Ciptakan Peluang Usaha
Gerbong Pecinta Sandiuno menggelar pelatihan pembuatan sabun cuci piring di Brebes, Jawa Tengah. FOTO/dok.Istimewa
A A A
BREBES - Tingginya minat masyarakat terhadap sabun cair menjadikan peluang usaha dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sukarelawan Gerbong Pecinta Sandiuno pun kemudian menginisiasi pelatihan pembuatan sabun cair bagi warga Brebes. Ketua Gerbong Pecinta Sandiuno Brebes Vienkan Bahreyis mengatakan pelatihan ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Pelatihan kewirausahaan pembuatan sabun pencuci piring dan karbol untuk meningkatkan perekonomian wilayah Kecamatan Salem dalam membuka peluang-peluang usaha baru, sehingga dapat membantu pertumbuhan ekonomi secara nasional," kata Vienkan di Pasir Forest resort, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu (15/3/2023).



Vienkan menjelaskan, dengan budget yang minim dapat menciptakan keuntungan yang meningkat. Sehingga programnya akan terus dilakukan serta dibantu mempromosikan kepada masyarakat luas.

"Pelatihan ini budget produksinya sangat minim, namun bisa membuat suatu produk yang banyak, bahan yang dilakukan pun sangat simpel dan alami. Maka itu, program yang diberikan nantinya akan berlanjut dari segi pendampingan, promosi, dan perizinan," ungkap Vienkan.

Vienkan menyebutkan, Sandiaga Uno merupakan Menteri yang memfasilitasi para ibu rumah tangga untuk mandiri, sekaligus mendorong peluang usaha dimana dan kapan saja. "Pak Sandi di mata relawan mampu merangkul UMKM khususnya ibu rumah tangga dan juga sangat inspiratif, pekerja keras, serta mempunyai program yang tepat kepada masyarakat," jelasnya.

Salah satu peserta pelatihan, Wiwin Winarni (51), menuturkan kehadirannya mengikuti pelatihan untuk menambah penghasilan keluarga. Menurutnya program yang diberikan dapat mudah dipraktekkan secara pribadi.

"Saya hadir ingin mengetahui kewirausahaan tentang pembuatan sabun pencuci piring dan karbol yang dapat diterapkan di rumah. Harapannya sebagai ibu rumah tangga dengan pelatihan ini bisa menghasilkan uang agar tidak bergantung pada pendapatan suami," tutur Wiwin.



Seluruh peserta pelatihan mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno telah memberikan program bermanfaat. Wiwin berharap peserta pelatihan dapat didampingi perizinannya agar siap di distribusikan secara nasional.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada relawan Gerbong Pecinta Sandiuno dan Pak Sandiaga Uno semoga bisa dibantu perizinan setelah kami dapat memproduksi," kata dia.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)