Menparekraf Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Papua Youth Creative Hub

Rabu, 22 Maret 2023 - 18:50 WIB
loading...
Menparekraf Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Papua Youth Creative Hub
Presiden Jokowi resmikan Papua Youth Creative Hub didampingi Menparekraf Sandiaga Uno. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Papua Youth Creative Hub di Kota Jayapura.

Peresmian ini sebagai bentuk komitmen pemerintah RI dalam memberikan ruang bagi para pemuda Papua untuk pengembangan inovasi, teknologi, kreativitas, maupun produk-produk ekonomi kreatif lokal.

Sandiaga mengatakan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) harus berjalan beriringan. Papua memiliki beragam daya tarik wisata dengan bentangan alam dan budaya yang melimpah.

"Tentunya sangat mengapresiasi Papua Youth Creative Hub yang kita harapkan akan menciptakan ekosistem ekonomi kreatif untuk anak-anak muda di Papua," kata dia, mengutip ANTARA.

Hadirnya Papua Youth Creative Hub di Jayapura merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Presiden Jokowi dengan 23 Tokoh Muda Papua Inspiratif pada September 2019 di Istana Negara yang kemudian dibangun secara kolaboratif oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kementerian PUPR.

Gedung berlantai dua ini diproyeksikan akan menjadi Silicon Valley-nya Indonesia Timur. Gedung ini dilengkapi dengan ruang pameran, coworking space, ruang teater untuk pengembangan seni dan budaya, ruang riset, studio foto, studio musik, kuliner space, hingga lapangan olahraga.

"Kita harus memberikan kesempatan anak-anak muda kita yang memiliki kreativitas, memiliki inovasi, keinginan besar untuk bergerak di bidang industri kreatif. Dan ini saya harapkan dapat memberikan peningkatan kesejahteraan, memberikan peningkatan kemajuan kepada masyarakat Papua yang kita cintai," kata Jokowi.



Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga memberikan arahan kepada Sandiaga untuk menghadirkan program pendampingan dan pelatihan terkait ekonomi kreatif kepada para pemuda Papua, serta menyelenggarakan Street Carnival di Jayapura pada bulan Juni mendatang.

Menanggapi arahan tersebut, Sandiaga berencana akan menggelar Street Carnival di Jayapura sebagai side events Festival Danau Sentani yang masuk ke dalam agenda Kharisma Event Nusantara 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)