alexametrics

Laporan Terlambat, Dana Desa Tahap III Gagal Direalisasikan

loading...
Laporan Terlambat, Dana Desa Tahap III Gagal Direalisasikan
Kementerian Keuangan mengungkapkan penyaluran dana desa tahap III kemungkinan batal direalisasikan. Foto: Dok/Sindo
A+ A-
JAKARTA - Dirjen Perimbangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Budiarso mengungkapkan, penyaluran dana desa tahap III kemungkinan batal direalisasikan. Hal ini lantaran banyak daerah yang belum melaporkan laporan penyerapan dana desa yang disalurkan pemerintah pusat.

"Iya, mereka belum menyerahkan 100% ke kami untuk tahap I dan II. Jadi untuk tahap III-nya belum disalurkan. Ketentuannya begitu. Harus dilaporkan sepenuhnya soal kegunaan dana tersebut," ujar Budiarso di Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Dalam hal ini, Dia menyatakan, pemerintah pusat sudah memberikan surat untuk kewajiban pelaporan penyaluran dana desa dari rekening kas umum daerah ke rekening dana desa.



"Mereka harus menyerahkan laporan dana desa paling lambat 30 Oktober ini. Nanti pelaporan ini akan jadi pertimbangan bagi pemerintah untuk salurkan dana desa tahap III," katanya.

Jika dirunut sesuai dengan ketentuan, dana desa tahap ketiga bisa dikirimkan pada minggu kedua Oktober. Namun hal ini terganjal persoalan belum selesainya daerah-daerah menyusun laporan dana desa tahap pertama dan kedua membuat pemerintah pusat enggan menyalurkan dana desa tahap ketiga.

"Kita mengutamakan akuntabilitasnya. Kalau merka belum serahkan laporannya terus gimana? Masa yang I dan II belum beres, kami kasih lagi?" tandasnya.

Baca juga:

Menkeu Ngaku Kesulitan Salurkan Dana Desa

Kemenkeu Sederhanakan Dana Desa dan Daerah


Marwan Yakin Dana Desa Mampu Menampung PHK
(dmd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak