Gapki Minta Pemerintah Proteksi Komoditas Sawit Indonesia

Rabu, 28 Oktober 2015 - 14:22 WIB
Gapki Minta Pemerintah Proteksi Komoditas Sawit Indonesia
Gapki Minta Pemerintah Proteksi Komoditas Sawit Indonesia
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Joko Supriyono meminta pemerintah memberikan perlindungan atau proteksi terhadap komoditas andalan Indonesia. Salah satunya yang utama adalah industri kelapa sawit nasional.

Dia mengungkapkan selama ini banyak upaya dari negara lain untuk menjegal komoditas andalan tersebut dengan berbagai regulasi dan aturan yang menghambat masuknya ekspor sawit Indonesia. (Baca: Industri Sawit Kokoh di Tengah Kabut Asap)

Jika tidak ada political will yang baik dari pemerintah dalam menangani masalah ini, bukan tidak mungkin komoditi yang menjadi fundamental ekonomi nasional ini mati. Mengubah Indonesia menjadi negara pengimpor, seperti yang terjadi pada komoditas lain.

"Kita lihat sebagai contoh tembakau, mulai hari ini kita menjadi pengimpor. Di mana regulasi menghambat komoditas tembakaku kita. Usaha petani tembakau banyak yang mati, sementara impor tembakau masuk ke negeri ini," ujarnya, dalam diskusi mengenai kabut asap nasional di Auditorium Gedung Sindo, Jakarta, Selasa (27/10/2015) malam.

Untuk itu, Jioko menyarankan pemerintah agar memiliki skema dalam membantu komoditas andalan Indonesia ini. Salah satunya melalui kebijakan politik-ekonomi. "Berikan proteksi terhadap komoditas andalan kita. Jangan sampai pemerintah dengan mudah memberikan izin impor yang akan membuat pelaku usaha di dalam negeri mati ," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9683 seconds (0.1#10.140)