alexametrics

Produksi Manufaktur Jepang Naik 1% pada September

loading...
Produksi Manufaktur Jepang Naik 1% pada September
Produksi manufaktur Jepang naik 1% pada September. Foto: Getty Images
A+ A-
TOKYO - Produksi manufaktur Jepang naik 1,0% pada September setelah dua bulan berturut-turut menurun dan produsen mengharapkan keuntungan lebih lanjut pada Oktober. Ini menunjukkan dampak perlambatan ekonomi China mulai mereda.

Sementara Bank Sentral Jepang (BOJ) akan melakukan pertemuan pada Jumat pekan ini dan diperkirakan akan memperluas program stimulus, meskipun diperkirakan pertumbuhan ekonomi bakal dipangkas.

Rilis Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang berlawanan dengan analis, yang memperkirakan terjadi penurunan 0,5%. Data bulan lalu memperbaiki koreksi sebesar 1,2% pada Agustus. Adapun survei Kementerian menyatakan, produksi manufkatur akan naik 4,1% pada Oktober dan koreksi 0,3% pada November.



"Produksi industri bergerak sideways," kata Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (29/10/2015).

Produksi manufaktur adalah salah data kunci BOJ untuk mengukur tren ekonomi. Bank sentral menyatakan, pertumbuhan produksi dan ekspor tetap datar, namun diperkirakan akan membaik didukung pulihnya permintaan global.

Banyak analis mengatakan, rebound-nya kegiatan ekonomi belum terlalu kuat untuk mempercepat target inflasiseebsar 2% pada tahun depan.

Sumber mengatakan bahwa BOJ kemungkinan akan memangkas proyeksi pertumbuhan dan inflasi untuk tahun fiskal saat ini pada pertemuan akhir pekan ini, tapi akan mengurangi sedikit estimasi harga untuk tahun depan.

kemungkinan BOJ akan menunda penambahan stimulus pada Jumat, meskipun beberapa pembuat kebijakan khawatir bahwa ekspor yang lembut akan menyakiti sentimen korporasi dan menunda investasi modal.
(rna)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak