Jasa Marga Siapkan Strategi Hadapi Lonjakan Mudik Lebaran Tahun Ini

Selasa, 28 Maret 2023 - 14:15 WIB
loading...
Jasa Marga Siapkan Strategi Hadapi Lonjakan Mudik Lebaran Tahun Ini
Jasa Marga akan menyiapkan dua strategi untuk menghadapi lonjakan mudik Lebaran. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) memprediksi sebanyak 2,78 juta kendaraan akan mudik Lebaran tahun ini, meningkat 6,77% bila dibandingkan dengan jumlah kendaraan tahun 2022. Perjalanan pun akan didominasi ke arah timur, yakni trans Jawa sebanyak 52%.



“Jasa Marga menyiapkan beberapa strategi layanan operasional sebagai persiapan layanan operasional arus mudik dan balik Lebaran 2023,” ujar Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Lisye Octaviana dalam program Market Review IDX Channel, Selasa (28/3/2023).

Pertama, Jasa Marga meningkatkan layanan operasi di gerbang dan sepanjang jalur tol. Lisye mengatakan, sejumlah rekayasa lalu lintas telah disiapkan sebagai hasil dari koordinasi dengan pemerintah dan kepolisian.

Hal itu diwujudkan melalui penerapan contraflow, pembatasan operasional angkutan barang, penerapan ganjil genap dan oneway yang semuanya disesuaikan dengan kondisi lalu lintas pada mudik Lebaran 2023 nanti.

Jasa marga pun menyediakan 509 unit armada operasional di seluruh jalan tol di Indonesia yang siaga selama 24 jam, terdiri dari 192 unit derek (152 unit beroperasi dan 40 unit tambahan), 124 unit mobile customer services (MCS), 53 unit ambulans, 39 kendaraan rescue dan rescue truck multiguna/komo, dan 101 unit patroli jalan raya (PJR).

Dalam menyediakan layanan operasi, Lisye menambahkan, pihaknya selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas dan mengacu pada standar pelayanan minimal (SPM) yang telah ditetapkan sebelumnya. Sejumlah kegiatan konstruksi di jalan tol pun dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara, salah satunya dengan menambah 1 lajur optimalisasi di Jakarta Cikampek.

“Namun, kami akan memastikan tidak ada aktivitas kegiatan konstruksi pada 10 hari menjelang Lebaran yang berpotensi memengaruhi kondisi lalu lintas,” imbuhnya.

Kedua, Jasa Marga juga melakukan peningkatan kualitas dari rest area sebagai salah satu titik kepadatan saat mudik Lebaran. Lisye mengatakan, sejumlah toilet portable disiapkan untuk mengurangi antrean. Pihaknya juga akan melakukan pengaturan arus keluar dan masuk rest area untuk mencegah terjadinya kepadatan di sejumlah titik.



“Tentu kami juga mengimbau masyarakat untuk bijaksana dalam menghabiskan waktu di rest area untuk mencegah adanya penumpukan,” pungkasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2021 seconds (0.1#10.140)