alexametrics

Rupiah Diperkirakan Bergerak Mendatar

loading...
Rupiah Diperkirakan Bergerak Mendatar
Rupiah diperkirakan bergerak mendatar. Foto: Dok Sindo
A+ A-
JAKARTA - Kepala Riset PT MNC Securities Edwin Sebayang memperkirakan laju rupiah pada hari ini cenderung flat atau mendatar.

"Rupiah sepertinya akan bergerak flat, seperti kemarin. Range-nya pada Rp13.495-Rp13.630/USD," ujarnya kepada Sindonews di Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Dia menyampaikan, investor sedang menanti pengumuman jumlah cadangan devisa Bank Indonesia yang dikhawatirkan akan menghambat penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD).



Sementara sentimen dari luar negeri, menurut Edwin, data yang paling ditunggu oleh investor berasal dari pengumuman data ketenagakerjaan dan inflasi Amerika Serikat (AS).

Pasalnya, kedua data tersebut akan menjadi pertimbangan Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) untuk menaikkan suku bunga acuan (Fed rate), sehingga jika setelah kedua data itu dirilis dan hasilnya bagus, maka kecenderungan Fed rate naik akan semakin besar.

Naiknya Fed rate akan memberi imbas kurang baik bagi mata uang Garuda, sehingga diperkirakan rupiah bakal tertekan. "Jika nanti data pekerja bagus diperkirakan The Fed akan naikkan suku bunga pada Desember," pungkasnya.

Sementara saat ini, Edwin menuturkan, belum ada sentimen yang berpengaruh signifikan terhadap rupiah, baik yang berasal dari China maupun Eropa.
(rna)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak