Rizal Bersyukur RI Tak Diberi Bebas Visa dari Negara Lain

Selasa, 24 November 2015 - 14:00 WIB
Rizal Bersyukur RI Tak Diberi Bebas Visa dari Negara Lain
Rizal Bersyukur RI Tak Diberi Bebas Visa dari Negara Lain
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli justru merasa bersyukur lantaran Indonesia tidak diberikan fasilitas bebas visa dari negara lain.

Kendati banyak yang protes lantaran Indonesia kerap mengobral bebas visa bagi negara lain. Menurutnya, jika wisatawan Indonesia diberikan fasilitas bebas visa maka akan menyebabkan devisa nasional defisit.

Pasalnya, masyarakat Indonesia akan dengan mudah melenggang pergi ke seluruh dunia. "‎Saya terima kasih kita tidak dikasih bebas visa. Karena kalu dikasih, orang Indonesia akan keluyuran ke seluruh dunia," katanya di The Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Namun, bukan berarti pihaknya tidak akan mengurus fasilitas bebas visa bagi Indonesia. Fasilitas tersebut baru akan diberikan jika pendapatan masyarakat Indonesia mampu mencapai USD15 ribu per kapita.

"‎Kalau nanti pendapatan rakyat USD15ribu per kapita, baru saya urusin," imbuh dia.

Sebaliknya, saat ini mantan Menko bidang Perekonomian ini justru tengah gencar memberikan fasilitas bebas visa bagi negara di seluruh dunia. Saat ini telah terdapat wisatawan dari 47 negara yang menikmati‎ fasilitas tersebut.

"Satu bulan jadi menteri, kami memutuskan 47 negara dikasih bebas visa. Walaupun memang banyak yang protes. Akhir tahun ini akan diberikan 20 negara lagi," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4618 seconds (0.1#10.140)