6 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Sulit Punya Anak, Bisa Pengaruhi Kesuburan

Kamis, 06 April 2023 - 06:30 WIB
loading...
6 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Sulit Punya Anak, Bisa Pengaruhi Kesuburan
Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang membuat sulit mempunyai anak. Kebiasaan buruk ini terus dilakukan secara berulang sehingga bisa memengaruhi kesuburan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang membuat seseorang sulit mempunyai anak . Tanpa disadari, kebiasaan buruk ini terus dilakukan secara berulang sehingga bisa memengaruhi kesuburan .

Sementara itu, seiring bertambahnya usia, tubuh mengalami berbagai perubahan, termasuk perubahan dalam sistem reproduksi. Infertilitas mempengaruhi 186 juta secara global menurut sebuah studi baru oleh Harvard Medical School.

Infertilitas terkait usia pada wanita adalah kekhawatiran umum, karena kesuburan mulai menurun setelah usia 35 tahun. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan infertilitas pada wanita adalah masalah ovulasi, sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Selain itu, penyakit autoimun seperti lupus dan kelainan rahim atau serviks juga bisa memengaruhi kesuburan seorang wanita. Untuk pria, kadar testosteron yang rendah secara tidak normal, jumlah sperma yang rendah dan obat bebas tertentu seperti sulfasalazine dapat menyebabkan infertilitas.

Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Sulit Punya Anak



Berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan seseorang sulit mempunyai anak dilansir dari India.com, Kamis (6/4/2023).



1. Merokok

Merokok memiliki sejumlah konsekuensi buruk bagi kesehatan manusia, dan juga dapat berdampak besar pada kesuburan. Telah ditemukan bahwa wanita yang merokok memiliki cadangan ovarium yang lebih kecil, yang berarti lebih sedikit telur yang dapat dibuahi.

Selain itu, merokok menurunkan suplai darah ke sistem ginekologi, yang dapat memengaruhi kualitas telur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)