alexa snippet

Pencetus di Balik Konsep Tol Laut Jokowi

Pencetus di Balik Konsep Tol Laut Jokowi
Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu mengungkapkan, awal mula tercetusnya konsep tol laut yang diusung Presiden Jokowi. Foto: Grafis
A+ A-
JAKARTA - Federasi Serikat Pekerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bersatu mengungkapkan, awal mula tercetusnya konsep tol laut yang diusung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu Arif Poyuono mengatakan, serikat pekerja mempresentasikan konsep tol laut pertama kali kepada Jokowi ketika masih menjadi gubernur DKI Jakarta.

Saat itu, sistem tol laut yang dipresentasikan oleh serikat pekerja, yakni pembangunan sistem supply chain yang terintegrasi dari satu kapal ke kapal lain.

"Jadi tol laut, sistem supply chain logistik nasional agar bekerja efisien. Bukan seperti jalan tol disambung di laut yang selama ini dipersepsikan," ujarnya, saat dihubungi Sindonews di Jakarta, Sabtu (19/12/2015).

Dia menjelaskan, ketika ada kapal besar yang datang dan melakukan pendistribusian logistik, kapal kecil yang ada di sekitarnya bisa membantu menyalurkan ke daerah terpencil.

Daerah itu, kata Arif, tidak bisa dimasuki kapal besar sehingga jumlah kapal kecil semestinya bisa lebih banyak mendistribusikan ke tempat yang tidak terjangkau kapal besar.

"Kapal saling sambut, menyebar dari Sabang sampai Merauke yang ada sisitem logistik. Kapal besar misalnya sampai Makassar, untuk bisa sampai Manado butuh kapal kecil. Nanti kapal kecil itu kembali lagi membawa barang dari Manado," tuturnya.

Menurut Arif, negara tetangga sudah menerapkan konsep ini sejak lama meski tidak memiliki laut yang luas seperti Indonesia.

"Di Singapura kenapa dia bisa jadi tempat strategis? Itu mereka buat jalur dari Eropa, Amerika Serikat, Australia, ke Singapura dahulu lalu ke Asia barangnya," tandas Arif.



(dmd)
loading gif
Top