Harga Cabai Keriting di Daerah Ini Naik Lebih dari 100%

Rabu, 23 Desember 2015 - 00:35 WIB
Harga Cabai Keriting di Daerah Ini Naik Lebih dari 100%
Harga Cabai Keriting di Daerah Ini Naik Lebih dari 100%
A A A
POSO - Menjelang Natal dan Tahun Baru, harga sejumlah kebutuhan pokok, seperti daging sapi, daging ayam, cabai, sayur-sayuran di sejumlah daerah mengalami kenaikan. Di Poso, Sulawesi Tengah, cabai keriting tercatat sebagai komoditi yang mengalami lonjakan tajam lebih dari 100%, dari Rp25 ribu per kilogram naik menjadi Rp60 ribu/kg.

Sementara itu, harga daging sapi menyentuh angka Rp115 ribu/kg dibandingkan dengan harga sebelumnya yang hanya Rp100 ribu/kg.

Para pedagang daging sapi mengatakan, kenaikan harga dikarenakan tingginya permintaan jelang Natal. Sementara ketersediaan pasokan ternak sapi untuk dipotong terbatas.

“Konsumen sekarang ini banyak, lihat saja tidak cukup ini. Daging sapi sekarang ini kita ambil sudah dari luar Kabupaten Poso, seperti Morowali, Ampana, Parimo. Bahkan masuk dari Palu, kita beli jual di sini,” kata Usman, pedagang daging sapi dan ayam di Pasar Sentral Poso, Selasa (22/12/2015).

Rata-rata sapi yang dipotong berjumlah tiga hingga empat ekor, itupun didatangkan dari luar Kabupaten Poso, yaitu dari Kabupaten Morowali dan Kabupaten Tojo Unauna.

Hal serupa juga terjadi pada komoditi daging ayam potong yang kini berada di kisaran Rp100 ribu per ekor dari harga sebelumnya Rp75 ribu.

Selain komoditi daging, kenaikan juga terjadi pada produk rempah-rempah, seperti tomat yang mengalami kenaikan dari Rp6.000/kg menjadi Rp13.000/kg.

“Harga-harga melonjak dari dari biasa. Kayak ikan, ayam, daging dan sayur-sayuran,” kata Hasanah Lapangalu, warga Kelurahan Gebang Rejo, Poso.

Kenaikan harga daging dan produk hasil pertanian di Pasar Sentral Poso diperkirakan masih terjadi hingga tahun baru 2016 mendatang. Konsumen yang berbelanja di Pasar Sentral Poso berharap pemerintah dapat mengontrol kecenderungan kenaikan harga yang diakui cukup memberatkan daya beli masyarakat untuk mencukupi kebutuhan daging dan rempah-rempah.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5122 seconds (0.1#10.140)